InspiratifJawa TimurPendidikan

Lolos Hibah PKM Kemendikbudristek 2023, Dosen Unim Perkuat Pendidikan Karakter di Mojokerto

×

Lolos Hibah PKM Kemendikbudristek 2023, Dosen Unim Perkuat Pendidikan Karakter di Mojokerto

Sebarkan artikel ini
Hibah PKM, Pendidikan karakter, Dosen Unim
Acara pelaksanaan kegiatan pembukaan dan sekaligus pendampingan di SMP Negeri 2 Kemlagi Mojokerto

Lenterainspiratif.id | Mojokerto – Dosen Universitas Islam Majapahit (UNIM) kembali lolos dalam kegiatan Pengabdian Kegiatan Masyarakat pada skema Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) tahun 2023.

Ketua Tim Pelaksana Pengabdian, Suesthi Rahayuningsih mengatakan, bahwa dalam kegiatan PKM kali ini dosen Unim bermitra dengan SMP Negeri 2 Kemlagi Mojokerto dengan tujuan memperkuat pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di Mojokerto.

“Utamanya pendidikan karakter di jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (Dasmen). Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk lokakarya dan pendampingan Guru di SMP Negeri 2 Kemlagi Mojokerto berupa lokakarya komunitas belajar, refleksi dan pendampingan P5,” katanya disela-sela acara pelaksanaan kegiatan pembukaan dan sekaligus pendampingan di SMP Negeri 2 Kemlagi Mojokerto Senin, (4/9/2023).

Dosen Pendidikan Matematika sekaligus dekan FKIP tersebut menjelaskan bahwa kegiatan yang berlangsung mulai bulan September hingga Desember 2023 tersebut dibuktikan dengan penandatangan kerjasama antara FKIP UNIM dengan SMP Negeri 2 Kemlagi, Mojokerto.

Penandatanganan itu dilakukan oleh Ketua Tim Pelaksana Pengabdian bersama tim yang cukup mumpumi yaitu Ibu Asih Adriyati Mardliyah, M.Pd. dan Bapak Achmad Rijanto, M.T. Selain itu penandatanganan juga melibatkan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) guna memberikan pengalaman dan pembelajaran di luar kelas.

“Kegiatan ini merupakan bukti nyata dosen UNIM ikut berkontribusi dalam kemajuan pendidikan khususnya di Mojokerto. Karakter yang kuat merupakan bagian dari keterampilan jitu abad 21 yang tentunya perlu dimiliki siswa untuk mewujudkan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas. Kami juga akan memberikan pakaian seragam Patroli Keamanan Sekolah (PKS) bagi siswa,” jelas wanita yang akrab disapa Esthi ini.

Dalam acara tersebut turut hadir tim pelaksana, Kepala Sekolah, Guru SMP negeri 2 Kemlagi dan dihadiri pula oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto, Ludfi Ariyono, AP., S.Sos., M.Si.

Dalam sambutannya, Ludfi berharap kegiatan ini dapat memberikan kemanfaatan yang besar bagi kedua belah pihak, khususnya dalam peningkatan dan pengembangan sumber daya Guru dan Kepala sekolah di kabupaten Mojokerto.

“Kami menyambut baik adanya Program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat antara Universitas Islam Majapahit dengan SMP Negeri 2 kemlagi ini, semoga kedepan bisa bermanfaat bagi kemajuan pendidikan di Mojokerto,” ucap Ludfi.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kemlagi, Sri Indayani, mengucapkan terima kasih kepada Universitas Islam Majapahit dan merasa senang dengan adanya kegiatan PKM ini.

“Sebagai sekolah penggerak angkatan 3, yang pertama di mojokerto, pendampingan ini sangat dibutuhkan oleh sekolah. Kegiatan ini tentunya dapat meningkatkan kompetensi guru sehingga benar-benar dapat memfasilitasi kebutuhan siswa. Siswa dapat belajar dengan nyaman dan sesuai dengan kebutuhan dan karakterisiknya,” pungkas Sri Indayani. (Met)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *