Peristiwa

Kenali 5 Tanda Imun Lemah Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit

×

Kenali 5 Tanda Imun Lemah Agar Tidak Mudah Terserang Penyakit

Sebarkan artikel ini
Musim pancaroba, imun lemah
Gambar ilustrasi

Lenterainspiratif.id | Tips – Musim pancaroba mengundang berbagai penyakit. Daya tahan tubuh yang kuat diperlukan untuk mencegahnya.

Namun, sayangnya tak semua orang memiliki daya tahan tubuh yang kulit. Ada beberapa tanda imun lemah yang perlu diperhatikan.

Salah satu tanda imun lemah yang utama adalah kerentanan terhadap infeksi. Gangguan pada sistem kekebalan tubuh memang membuat seseorang rentan terhadap penyakit.

Selain itu, ada juga beberapa ciri daya tahan tubuh lemah lainnya yang perlu diketahui seperti berikut, mengutip berbagai sumber.

1. Sering mengalami gangguan pencernaan

Sekitar 70 persen jaringan sistem kekebalan tubuh terletak di saluran pencernaan. Mengutip Bustle, masalah pencernaan bisa jadi tanda bahwa sistem kekebalan tubuh sedang lemah.

Misalnya saja, kembung dan sembelit yang menerus. Kondisi ini menandakan ada sesuatu yang tidak beres pada usus.

2. Gampang lelah

Sistem kekebalan tubuh yang lelah jadi salah satu penyebab seseorang gampang merasa lelah. Biasanya, rasa lelah akan diiringi oleh nyeri sendi, sakit perut, dan penurunan nafsu makan.

3. Sering infeksi

Ilustrasi. Sering infeksi, tanda imun tubuh lemah yang paling utama. (iStockphoto/evrim ertik)
Sebagaimana telah dijelaskan di atas, salah satu ciri daya tahan tubuh lemah adalah kerentanan terhadap infeksi. Waspada bagi Anda yang mengalami dua atau lebih infeksi setiap tahun, bisa jadi sistem kekebalan tubuh lemah.

4. Ruam

Kondisi kulit dapat mencerminkan seberapa baik sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, kulit menjadi penghalang utama tubuh melawan kuman.

Anda perlu waspada saat kulit sering terasa gatal, kering, dan memerah. Kondisi ini menjadi gejala umum peradangan.

5. Bercak putih pada kulit

Sistem kekebalan tubuh melawan sel-sel pembuat pigmen kulit yang disebut melanosit. Dalam kondisi ini, bercak putih akan muncul pada permukaan kulit. (Fin)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *