Tips

Cara Memilih Pergaulan Kampus Agar Lebih Produktif, Maba Wajib Tau!

×

Cara Memilih Pergaulan Kampus Agar Lebih Produktif, Maba Wajib Tau!

Sebarkan artikel ini
Berita tips, Memilih lingkungan pergaulan kampus
Gambar ilustrasi

Lenterainspiratif.id | TipsLingkungan pergaulan kampus sangat mempengaruhi produktivitas mahasiswa baru (Maba). Itu sebabnya penting untuk memilih lingkungan yang positif.

Dosen sekaligus pembina organisasi mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya (FBS Unesa), Arif Hidajad, menyampaikan beberapa tips memilih pergaulan di kampus.

1. Tetapkan Tujuan Kuliah

Menurut Arif, hal yang paling penting bagi mahasiswa baru adalah memiliki tujuan kuliah, seperti untuk apa dan mau ke mana setelah kuliah? Dari tujuan itu, bisa diturunkan ke target-target yang ingin dicapai.

Target bisa dibuat berdasarkan waktu atau per semester. Misalnya meraih IPK sekian dan menjadi mahasiswa lulusan terbaik.

“Kalau sudah punya target dan ditempel di dinding kamar atau di atas cermin, berarti maba sudah tau,” ucapnya dalam situs Unesa.

2. Fokus pada Tujuan

Setelah memiliki tujuan kuliah, fokuslah untuk mencapai atau mewujudkan tujuan tersebut. Sebab, akan banyak tantangan yang akan dialami mahasiswa.

Tantangan itu berpotensi mengganggu konsentrasi ke tujuan awal. Jika konsisten dan tetap fokus, tujuan bisa tercapai.

3. Buat Prioritas

Idealnya, mahasiswa tidak hanya fokus di ruang kelas, mahasiswa juga bisa belajar dan mengembangkan diri dengan kegiatan atau aktif di organisasi tingkat prodi, fakultas atau universitas.

Pastikan kegiatan atau organisasi yang diikuti benar-benar menjadi bahan bakar utama untuk mencapai tujuan atau target kuliah.

“Jangan asal ikutan teman. Pastikan kegiatan itu positif yang diminati, mendukung perkuliahan dan mendukung untuk mencapai tujuan kuliah,” tandasnya.

4. Manfaatkan MBKM

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKMB) memiliki banyak kegiatan yang bisa diikuti mahasiswa.

Terdapat program magang, pertukaran mahasiswa kampus dalam negeri, kampus luar negeri, hingga aktif komunitas riset dan pengabdian masyarakat.

5. Maksimalkan Fasilitas

Dosen pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Teater Institut Unesa itu menyarankan maba untuk memaksimalkan fasilitas yang ada di kampus. Fasilitas kampus seperti ruang terbuka, perpustakaan, atau panggung bisa dimanfaatkan untuk menunjang mahasiswa.

“Kampuskan punya banyak fasilitas, manfaatkanlah untuk melakukan kegiatan yang positif. Ada perpustakaan, ruang terbuka, panggung, dan lain-lain yang bisa menunjang keperluan mahasiswa. Sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja,” ungkap Arif. (Met)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *