DaerahPeristiwa

Empat Dusun Terendam Banjir di Pasuruan

×

Empat Dusun Terendam Banjir di Pasuruan

Sebarkan artikel ini
Foto istimewa
Foto istimewa

Lenterainspiratif.com, PASURUAN — Sungai Welang di Pasuruan meluap akibat hujan deras di hulu dan pasang air laut.

Luapan sungai menyebabkan 4 dusun terendam banjir. Empat dusun yanga banjir berada di dua wilayah. Yakni, Dusun Krajan, Batok dan Bulu di Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan serta Dusun Karangasem, Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan.

Banjir di empat dusun Desa Tambakrejo masih tinggi. Ketinggian air bervariasi antara 50 – 100 cm. Selain merendam jalan raya, banjir juga merendam pemakaman. Di beberapa titik, banjir masuk ke dalam rumah.

“Sejak habis isya mulai datang airnya. Sampai sekarang ini,” kata Sutini (63), salah seorang warga Desa Tambakrejo.

Sutini yang tengah menyusuri jalan yang terendam banjir hingga di atas lutut mengatakan rumahnya terendam sejak Rabu malam. “Masuk ke rumah, nggak bisa masak,” terangnya.

Lilik, warga lain mengungkapkan banjir juga merendam rumahnya setinggi 50 centimeter. “Saat saya pulang kerja tadi malam, air sudah masuk rumah. Sekarang belum surut,” terangnya.

Solihati, warga yang sedang membersihkan halaman rumah dari lumpur mengatakan banjir di pemukiman tersebut biasanya bertahan hingga sore hari. “Tapi kalau hujan lagi yang awet,” terangnya.

Sementara di Dusun Karangasem, Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, banjir mulai surut. Di dusun banjir sempat mencapai 100 centimeter.

“Tadi malam sempat 1 meter, sekarang ini mulai surut,” kata Kepala Pelaksana BPBD Kota Pasuruan Samsul Hadi.

Menurut Samsul, banjir juga sempat merendam Jalan Raya Surabaya-Banyuwangi hingga 40 centi meter. Saat ini, banjir di jalan raya sudah surut.

“Air kiriman dari hulu, ditambah air laut pasang tadi malam sehingga banjir,” pungkas Samsul. (tim)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *