Alun alun mojokerto pengentas pengangguran dan sarana wisata alternatif - Lentera Inspiratif

Budaya / Pendidikan

Alun alun mojokerto pengentas pengangguran dan sarana wisata alternatif


Senin, 9 Oktober 2017 - 06:46 WIB




Foto : alun alun kota mojokerto
Jurnalis : slamet kusairi 
Mojokerto- lenterainspiratif.com 
Kota mojokerto merupakan kota kecil yang terletak 50 km barat daya surabaya, kota ini merupakan kota penyangga propinsi jawa timur yang di sebut kota gerbankotasusila. Kota yang hanya memiliki luas 16.46 km2 dengan kepadatan penduduk mencapai 6, 792/km2 . Kota mojokerto yang relatif kecil ini memang sangat minim akan wahana rekreasi yang sangat minim, namun saat ini alun alun telah di sulap menjadi sarana alternatif rekreasi bagi penduduk kota mojokerto dan sekitarnya. 
 Lebih Dari 100 orang menggantungkan hidupnya di alun alun kota mojokerto, mulai dari juru parkir. Asongan, sampai pada penyewa mainan anak anak. Hal ini merupakan pilihan yang berat bagi pemerintah untuk membersihkan pkl di alun alun, di karenakan alun alun merupakan lahan bagi sebagian masyarakat kota mojokerto yang belum bisa mewadahi seutuhnya pengangguran di kota mojokerto. 
Foto : aktifitas mainan anak anak di alu. Alun kota mojokerto.
Pkl alun alun yang sempat di relokasi di jl. Benteng atau yang merasa belum mendapatkan lapak di benteng terpaksa masih bertahan di alun alun, ” saya bertahan menyewakan mainan disini karena saya ingin alun alun ini tetap ramai, kedua saya mencari nafkah untuk keluarga saya, kalo ndak kerja gini mau kerja apa wong cari kerja ya susah” ungkap nuriadi selaku tokoh pkl alun alun yang juga pernah menjadi ketua paguyuban pkl alun alun pada minggu 8/10/2017 pukul 19.00 di alun alun kota mojokerto. 
Berbeda dengan salah satu pengunjung di alun alun ” saya memang lebih suka kalo di alun alun ini terdapat banyak mainan anak anak karena sebagai wahana alternatif rekreasi, pertama dekat, kedua murah dan Ndak harus jauh jauh ke pacet” terang herlina warga ngaglik kranghan kota mojokerto. 
Foto : lampu jalan berbentuk bunga di alu. Alun kota mojokerto
Foto : area potret di alun alun kota mojokerto.
Alun alun kota mojokerto yang pintu masuknya di desain ala pintu gerbang majapahitan membuat alun alun kota mojokerto ini nampak berbeda dari alun alun kota lain. Yang di sudut alun alun juga terdapat miniatur candi yang ada di majapahit, seperti candi tikus, candi brahu, dan ada juga bom yang tidak terpakai peninggalan para pejuang. Selain itu di dalam alun alun juga terdapat air mancur yang tepat di tengah tengah air mancur, kemudian di sebelah timur terdapat jalan yang di padati oleh bunga buatan yang menyala. Serta area potret untuk wahana selfie. (met) 
Editor : siswanto









 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI