kuliner

Resep Ayam Goreng Ala Korea Selatan, Cocok Buat Jadi Teman Nonton Drakor

×

Resep Ayam Goreng Ala Korea Selatan, Cocok Buat Jadi Teman Nonton Drakor

Sebarkan artikel ini
Ayam goreng, Korea Selatan, Resep masakan
Ayam goreng drakor

Lenterainspiratif.id | Kuliner – Selain film dramanya yang banyak digemari, Korea Selatan juga terkenal dengan masakan khas ayam goreng. Bahkan makanan itu kerap muncul saat kita sedang nonton drama Korea (drakor).

Berbeda dengan ayam goreng pada umumnya, ayam goreng ala Korea terkenal dengan siraman saus yang khas. Asal kalian tau membuat ayam goreng khas Korea Selatan ternyata tidak terlalu sulit.

Dilansir dari YouTube Anek Masakan With Rosie M, berikut resep dan cara mudah membuat ayam goreng khas Korea Selatan :

Bahan-bahan untuk ayam dan tepung

– 1 kg ayam

– Biji wijen

– Minyak goreng untuk menggoreng secukupnya

– 2 sdt garam

– 2 sdt lada hitam

– 3 bawang putih cincang halus

– 1 ruas jahe

– 1 cup tepung maizena.

– 80 grams tepung terigu.

– 2 sdm tepung beras.

– 1 sdt jahe bubuk.

– 1 sdt bawang putih bubuk.

– 1 telur dan air secukupnya.

Bahan-bahan saus ayam

– 2 bawang putih

– 5 sdm saus tomat

– 4 sdm saus cabe korea gochujang (saat membeli gochujang pastikan yang ada logo halalnya bagi yang muslim)

– 2 sendok makan rice vinegar ( cuka beras) atau apple cider vinegar (cuka apel) jika tidak ada bisa menggunakan cuka biasa

– 3 sdm corn syrup (sirup jagung), jika tidak ada corn syrup boleh diganti dengan 3 sdm madu, kalau tidak ada madu, bisa diganti sama gula pasir.

Cara Membuatnya :

1. Cuci dan potong-potong ayam yang telah disiapkan, lalu dipindahkan kedalam wadah selanjutnya dimarinasikan dengan menambahkan 1 sdt garam, 1 sdt lada hitam, 3 bawang putih yang sudah dicincang, 1 ruas jahe yang telah diparut lalu aduk hingga merata.

2. Biarkan marinasi ayam hingga 30 menit atau sampai 1 jam.

3. Masukan 80 grams tepung terigu, 1 cup tepung maizena, 2 sdm tepung beras, 1 sdt garam, 1 sdt lada hitam, 1 sdt bubuk jahe, 1 sdt bawang putih bubuk kedalam wadah lalu aduk hingga merata, bahan ini sebagai tepung kering ayam goreng.

4. Selanjutnya membuat tepung basah, masukan 1 butir telur lalu diaduk setelahnya masukan 3 sdm olahan tepung kering yang dibuat sebelumnya kedalam telur lalu aduk hingga merata, jika terlalu kental bisa ditambahkan dengan 3 sdm air secukupnya.

5. Celupkan ayam yang sudah dimarinasi tadi satu persatu ke adonan tepung basah, bolak balik di semua sisi ayamnya sampai semua sisi ayam terbalut dengan bumbu lalu balurkan lagi dengan tepung kering hingga merata ke semua sisi ayam.

5. Goreng ayam di suhu tinggi sampai agak matang lalu angkat. supaya ayamnya lebih krispi, goreng ayam sekali lagi sampai krispi kuning kecoklatan lalu angkat dan tiriskan

6. Untuk membuat sausnya, masukan 5 sdm saus tomat, 4 sdm gochujang, 2 sdm cuka apel jika tidak ada bisa menggunakan cuka biasa, 3 sdm sirup jagung jika tidak ada bisa diganti dengan madu kedalam wadah lalu aduk hingga merata.

7. Masak saus yang telah dibuat dengan 2 buah bawang putih cincang menggunakan api kecil agar tidak gosong, setelah matang masukan ayam krispi dan aduk hingga merata.

8. Setelah ayam merata dengan sausnya, taburi dengan wijen diatasnya untuk menambah cita rasa. (Met)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *