Jawa TimurPolitik

Gelar Musrenbang, Ini 11 Poin Prioritas Pembangunan Pemkot Mojokerto Tahun 2024

×

Gelar Musrenbang, Ini 11 Poin Prioritas Pembangunan Pemkot Mojokerto Tahun 2024

Sebarkan artikel ini

 

LenteraInspiratif.id | Mojokerto -Pemerintah Kota Mojokerto melalui Bappedalitbang menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Mojokerto 2024, Selasa (7/3/2023). Dalam kegiatan yang berlangsung di Hall Raden Wijaya Hotel and Convention ini, Walikota Mojokerto Ika Puspitasari menyampaikan 11 Poin Prioritas Pembangunan di tahun depan.

 

Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari yang turut hadir memerikan pengarahan, menyebut Musrenbang ini digelar dalam rangka bersinergi dan berkolaborasi untuk bersama-sama mencurahkan ide dan gagasan untuk membangun Kota Mojokerto mendatang.

“Sehingga apa yang dilaksanakan oleh Pemkot Mojokerto, baik pembangunan fisik, infrastruktur, maupun sumber daya manusia ini semua benar-benar berbasis kebutuhan masyarakat,” ujar Ika.

Sebagaimana ujar wali kota, Musrenbang kali ini memang dihadiri oleh pihak dari lintas sektor, baik stakeholder maupun masyarakat.

 

Dari sektor pemerintahan, terdapat Kepala Bakorwil Bojonegoro mewakili Bappedalitbang Jatim, Forkopimda Kota Mojokerto, asisten, staf ahli, kepala OPD, camat, kepala sejumlah instansi vertikal di lingkungan Pemkot Mojokerto. Serta perwakilan Bappedalitbang dari Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, dan Kabupaten Sidoarjo.

 

Selain itu juga terdapat dari perwakilan akademisi, komunitas disabilitas, organisasi keagamaan, organisasi kepemudaan, forum anak, dan organisasi masyarakat lainnya di lingkungan Kota Mojokerto.

 

Bahkan, tidak hanya hari ini, forum Musrenbang tingkat kelurahan, kecamatan dan tematik, yang digelar sebelumnya juga diikuti oleh beragam sektor, termasuk kelompok minoritas.

Musrenbang, 2024
Walikota Mojokerto Ika Puspitasari saat menyampaikan 11 Poin Prioritas Pembangunan 2024

Keberagaman peserta dalam forum musyawarah tersebut tentu diharapkan bisa menyempurnakan rencana pembangunan yang digodok oleh Pemkot Mojokerto, agar dapat adil dan memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat. Namun tentu saja, seluruh aspirasi tersebut harus sejalan dengan road map yang telah ditetapkan oleh Pemkot Mojokerto.

“Yakni, berfokus pada penguatan ketahanan ekonomi kita melalui optimalisasi potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang kemudian dibagi menjadi 11 poin prioritas,” paparnya.

Adapun 11 poin prioritas pembangunan Kota Mojokerto tahun 2024 diantaranya; pendampingan warga untuk mencapai Zero Stunting dan Zero Kemiskinan Ekstrim, optimalisasi program pemberdayaan berbasis potensi untuk kelompok rentan, menurunkan tingkat ketergantungan ekonomi dan pemerataan perlindungan sosial untuk masyarakat rentan.

Selanjutnya, pengembangan destinasi wisata yang terintegrasi serta berbasis kearifan lokal, kolaborasi stakeholder dalam pengembangan BUMD, peningkatan kualitas dan profesionalitas ASN melalu sistem MERIT dan peningkatan PAD melalui intensifikasi pajak daerah dan pemanfaatan aset.

Selain itu, transformasi tata kelola pemerintahan, memunculkan nilai ekonomi dalam pengelolaan sampah dan stabilitas sosial politik dalam penyelenggaraan pemilu 2024.

“Kami berharap anggaran yang sudah dialokasikan melalui dana kelurahan bisa dioptimalkan dalam rangka pemberdayaan masyarakat untuk mendukung 11 prioritas tadi,” pungkas Ning Ita. (Roe/adv)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *