Tips

5 Makanan Tinggi Protein Untuk Sahur Agar Kenyang Lebih Lama

×

5 Makanan Tinggi Protein Untuk Sahur Agar Kenyang Lebih Lama

Sebarkan artikel ini
Gambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi

Lenterainspiratif.id | Tips Sehat – Kita kadang dibuat bingung memilih menu sahur yang tepat agar dapat kenyang lebih lama saat menjalani puasa. Makanan yang kaya akan protein sangat cocok dipilih. Protein merupakan nutrisi penting yang dapat membuat perut kenyang dalam waktu yang lama. Makanan kaya protein ini cocok jadi menu sahur.

Selain protein, penting juga untuk mengasup nutrisi serat dan vitamin dari sayur hingga buah-buahan. Berikut 5 makanan yang kaya protein dan cocok jadi menu sahur, sebagaimana dikutip dari VOI (31/03) :

1. Telur
Telur juga kaya protein sehingga bisa membuat kamu kenyang dalam waktu yang lama. Pada kuning telur mengandung antioksidan yang disebut lutein dan zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata.

Selain itu, telur juga merupakan sumber protein termasuk 9 jenis asam amino esensial. Tak hanya bisa bantu mengenyangkan, telur juga merupakan menu yang mudah dan dapat diolah menjadi beragam masakan enak.

2. Ikan
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang akan meningkatkan rasa kenyang, terutama pada orang yang kelebihan berat badan. Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah studi di tahun 2008.

Menurut peneliti, protein dalam kandungan ikan memiliki efek yang lebih kuat pada rasa kenyang daripada sumber protein lainnya. Kamu bisa memilih ikan salmon atau tuna.

3. Kentang
Kentang rebus bisa jadi pilihan menu sahur agar kenyang lama. Kamu bisa merebusnya langsung dengan kulitnya setelah dicuci bersih. Kentang kaya akan vitamin C dan potasium.

Selain itu, kentang juga mengandung karbohidrat, serat dan protein dalam jumlah yang tinggi. Karenanya kentang bisa jadi alternatif pengganti nasi yang baik.

4. Jagung
Sebuah penelitian menemukan bahwa jagung lebih mengenyangkan daripada kentang. Namun, perlu perhatikan juga bagaimana cara mengolah jagung.

Hindari mengolah jagung dengan menambahkan mentega, sebab itu bisa menambah kalori tinggi. Selain itu, hindari juga penggunaan pemanis karamel agar sahur lebih sehat.

5. Sup
Sup bagus dikonsumsi ketika sahur. Kamu bisa memilih sup ayam yang kaya protein. Kuah sup dapat mencukupi kebutuhan cairan tubuh, sehingga tidak mengalami dehidrasi ketika berpuasa.

Sementara itu, protein pada daging ayam juga berperan membuat rasa kenyang dan tahan lama. Selain itu, bisa juga dengan menambahkan sayuran agar mendapat nutrisi serat untuk pencernaan. (Tim)

Print Friendly, PDF & Email