Mengenal Sosok Narendra Tegar Islami, Gelandang Timnas U-16 Indonesia Asal Bumi Majapahit - Lentera Inspiratif

Jawa Timur / Olahraga

Mengenal Sosok Narendra Tegar Islami, Gelandang Timnas U-16 Indonesia Asal Bumi Majapahit


Selasa, 9 Agustus 2022 - 14:06 WIB


Timnas U-16 Indonesia

Lenterainspiratif.id | Mojokerto – Nama Muhammad Narendra Tegar Islami mendadak tenar di kalangan pecinta sepak bola Tanah Air. Salah satu Pemain sepakbola Timnas U-16 Indonesia asal Bumi Majapahit itu akan bermain di ajang Piala AFF U-16 2022.

Pemilik nomor punggung 12 tersebut lebih dikenal dengan panggilan Tegar. Pria asal Mojokerto ini menjadi motor serangan Garuda Muda.

Tegar merupakan pemain Timnas Indonesia U -16 posisi sebagai gelandang yang memiliki tinggi 1,76 cm. Pria kelas 2 SMA Tamansiswa Kota Mojokerto itu dipercaya Bima Sakti untuk mengisi pos lini tengah Indonesia saat menjamu Filipina di laga perdana Grup A, pada Minggu, 31 Juli 2022.

Bintang bola Muda yang bertempat tinggal di kompleks Perumahan Pondok Teratai, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, ini adalah anak kedua dari pasangan Muhammad Soleh 53 tahun dan Evi Astri 45 tahun.

Selain membela Timnas diajang Piala AFF U-16 2022, pria kelahiran 6 Februari 2006, ini adalah berstatus menjadi pemain muda Borneo FC sejak awal 2021, tahun kemarin. Pemain yang dipercaya sebagai gelandang tengah ini juga pernah memperkuat SSB Firman Utina 15 Football Academy (FU 15 FA) pada ajang Liga TopSkor.

BACA JUGA :   Tertimpa Karung Porang, Siswa SMA di Mojokerto Tewas Terlindas Truk

Tegar dianggap multitalenta oleh orang tuanya, karena selain jago menyerang, teryata dia juga pernah menjadi penjaga gawang saat membela klub sepak bola lokal dalam sebuah ajang kompetisi.

“Dia pernah jadi kiper, tergantung pelatihnya mau diposisikan dimana. Anak saya juga dikenal kidal,” kata Evi, sang Ibu saat ditemui wartawan di rumahnya, Senin 8 Agustus 2022.

Menurut Evi, anak keduanya itu memulai karier sepakbolanya sejak usia 5 tahun. Dia berlatih bersama SSB Internal yang berkandang di Gelora A Yani Kota Mojokerto. Kemudian sekitar tahun 2012, Tegar bergabung dengan klub sepak bola Persebaya Junior.

BACA JUGA :   Terungkap, Mulut Santri Amanatul Ummah Keluarkan Busa Sebelum Meninggal

“Saat itu usianya 11 tahun, masih sekolah dasar (SD). Awalnya itu sering dipinjam (berlaga bersama klub lokal) untuk turnamen. Dia dipantau akhirnya terpilih di Persebaya junior,” ujar Evi.

Tegar bermain bersama klub Persebaya Junior selama empat tahun. Menginjak usianya yang ke 14 tahun dia terpilih di Liga Sepakbola Gala Siswa Indonesia (GSI) tahun 2018. “Setelah itu terpilih GSI mewakili jatim. Saat itu diambil 5 kemudian yang tingkat nasional diambil 11 anak terbaik. Kebetulan termasuk Tegar gelandang terbaik nasional,” tambah Soleh, ayah Tegar.

Soleh menegaskan, setelah terpilih di Liga Sepakbola GSI, anak bungsunya itu dilirik oleh Firman Utina saat mengikuti seleksi Elite Pro Academy (EPA), yaitu sistem liga sepak bola kelompok usia yang dikelola, diselenggarakan dan dikendalikan oleh PSSI.

“Setelah itu dapat panggilan dari Borneo FC. Dapat kontrak 3 tahun mulai tahun 2021,” tegasnya.

Diketahui Timnas Indonesia U-16 menjadi satu-satunya tim yang selalu menang di fase grup Piala AFF U-16 2022.

BACA JUGA :   Gawat! Cabut Gugatan Pelanggaran LP2B Amanatul Ummah, LP2KP Dikawal Ketat Banser

Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U-16 sebagai juara Grup A. Torehan sembilan poin diraih Garuda Asia setelah menang 2-0 atas Filipina, 9-0 atas Singapura, dan 2-1 atas Vietnam.

Sementara Tegar, berharap Timnas U-16 Indonesia kali ini bisa menjadi juara di Piala AFF 2022. Untuk itu dia meminta dukungan penuh kepada masyarakat Indonesia.

“Saya mohon dukungannya kepada semua masyarakatnya Indonesia. Tentunya kami berharap bisa menang untuk Indonesia,” kata Tegar melalui sambungan telepon video WhatsApp.

Tegar dan yang lain siap untuk serius dalam setiap latihan dan menerapkan aturan yang sudah disepakati bersama tim pelatih. Menurutnya, persiapan dan evaluasi yang sudah dilakukan membuatnya optimis menatap laga berikutnya.

“Strategi nanti akan disusun menjelang pertandingan. Yang jelas hari ini tetap latihan seperti biasa,” ujar Tegar. (Diy)


Tag: , , ,







 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI