Pendidikan

Gandeng MKKS LP Ma’arif NU dan Ponpes, UNIM Siap Majukan Pendidikan SMK di Mojokerto

×

Gandeng MKKS LP Ma’arif NU dan Ponpes, UNIM Siap Majukan Pendidikan SMK di Mojokerto

Sebarkan artikel ini
UNIM, MKKS LP Ma'arif NU, SMK di Mojokerto
Dekan FT, Ketua MKKS SMK LP Ma’arif, Ketua Program Studi dan Kepala Sekolah SMK

Lenterainspiratif.id | Mojokerto – Dalam rangka mewujudkan kemajuan serta meningkatkan kualitas pendidikan SMK di Mojokerto Universitas Islam majapahit (UNIM) gandeng kerjasama dengan Kepala Sekolah (MKKS) SMK LP Ma’arif NU dan juga Pondok Pesantren (Ponpes).

Penandatanganan kerjasama ini berlangsung di Fakultas Teknik Universitas Islam majapahit (UNIM) di Mojokerto pada Selasa (9/7/2024).

Penandatangan surat perjanjian dari Fakultas Teknik diwakili oleh Achmad Rijanto, S.T., M.T., selaku Dekan FT. Dan dari MKKS SMK LP Ma’arif oleh Hj. Anik Istiqomah, S.Pd., M.Pd, selaku ketua MKKS.

Achmad Rijanto mengatakan, kerjasama ini meliputi ruang lingkup Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

“Pertama itu ada PKL yakni untuk pengajaran dan pelatihan, kedua, program praktik keterampilan, ketiga program penelitian seperti karya ilmiah. Ada juga program pengabdian masyarakat, workshop dan juga pendampingan uji kompetensi keahlian,” katanya, Selasa (9/7/2024).

Selain itu menurut Rijanto kerjasama ini juga mencakup sertifikasi kompetensi guru serta beasiswa Kampus jalur kemitraan, dan prestasi.

“Saya merasa sangat senang dan berharap kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan memberikan dampak yang positif untuk peningkatan kualitas pendidikan di Mojokerto khususnya di jenjang SMK, Fakultas Teknik Universitas Islam Majapahit, memiliki 5 program studi yang senantiasa mendukung kamajuan pendidikan yaitu prodi Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Industri, Informatika dan Teknologi Hasil Pertanian,” paparnya.

Rijanto menjelaskan, pada program PKL, mahasiswa dapat melaksanakan magang, selain diperusahaan, dapat juga di laboratorium teknik yang ada SMK sesuai dengan bidang keahliannya. Pada pembimbingan siswa teknik, mahasiswa juga dapat menginduksi siswa SMK dengan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh di kampus. Pada program penelitian, keterlibatan siswa, mahasiswa, guru dan dosen dapat saling sinergi untuk melaksanakan penelitian secara bersama.

“Sedangkan pada program pengabdian masyarakat SMK dapat sebagai mitra dosen dalam implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadi hasil penelitiannya. Dalam pelaksanaan workshop, pelatihan dan kuliah/ pembelajaran tamu, peran dosen dan guru sangat besar untuk saling berbagi praktik baik. Pendampingan uji kompetensi dan sertfikasi guru memberikan peluang yang besar dengan adanya kerjasama dengan lembaga perguruan tinggi. Dan terakhir adanya berbagai skema beasiswa di UNIM memberikan peluang yang besar bagi lulusan SMK di Mojokerto untuk studi lanjut sarjana di UNIM,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua MKKS, Anik mengatakan, kerjasama ini diharapkan mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan khususnya di jenjang SMK di lingkungan sekolah di bawah naungan LP Ma’arif dan Ponpes Mojokerto.

“Hari ini ada 11 Kepala sekolah yang tergabung dalam MKKS ikut serta juga melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan Fakultas Teknik UNIM. Kepala Sekolah yang hadir pada acara hari ini antara lain dari SMK Hasyim Asyari, SMK Islam Walisongo, SMK Industri Ngoro, SMK Prestasi Al Fatah, SMK Pesantren Darul Dakwah, SMK Pesantren Darut Taqwa dan lain-lain,” pungkasnya. (Met)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *