Plt Kepala Dinas Kesehatan Ditahan KPK, Kepala Puskesmas Se - Jombang Dikumpulkan - Lentera Inspiratif

Daerah

Plt Kepala Dinas Kesehatan Ditahan KPK, Kepala Puskesmas Se – Jombang Dikumpulkan


Selasa, 6 Februari 2018 - 10:05 WIB




foto : kepala puskesmas se jombang saat dikumpulkan di ruang soerjodiningrat, lantai dua pemkab jombang
Jombang, Lentera Inspiratif.com
Akibat ditahannya pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan, Inna Silestyanti, oleh komisi pemberantasan korupsi (KPK), membuat kepala pusat pelayanan kesehatan masyarakat (Puskesmas) se -Jombang dikumpulkan diruang soerjodiningrat yang berada di lantai dua gedung pemerintahan kabupaten (Pemkab) jombang, Jalan Wahid Hasyim 137. Sebab, kasus yang menjerat Plt Kepala Dinas Kesehatan ini, berhubungan dengan Bupati Jombang, Jawa Timur, terkait suap yang diterima oleh Bupati. Pertemuan yang dilakukan pada Selasa (06/02/2018), dimulai pada pukul 13.00 WIB, dan dihadiri oleh Kepala Bagian Hukum, Agus Purnomo, Asisten 1, Purwanto dan Kepala Dinas Inspektorat, I Nyoman Swardana.
Sebab, pada bulan Juni 2017 lalu, ada 34 puskesmas yang dilakukan pungutan liar (Pungli) untuk mengumpulkan anggaran yang sumber dari dana kapitasi. Serta, dari Pungli tersebut sudah terkumpul dana senilai Rp. 434 Juta. Namun, dari dana tersebut dibagi 1% untuk kepala dinas, 1% untuk paguyuban puskesmas dan 5% untuk Bupati. Sehingga, Plt Kepala Dinas Kesehatan dan Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko, terseret dalam kasus korupsi tersebut, yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) oleh KPK. Karena, Plt Kepala Dinas Kesehatan, menyetor sejumlah uang pada Bupati agar dijadikan Kepala Dinas Kesehatan secara definitif.
Sementara itu, menurut Asisten 1,Purwanto, menjelaskan bahwa tujuan dikumpulkan kepala Puskesmas Se-Jombang, untuk memberikan efek jera dan pembinaan. “Mereka (Kepala Puskesmas, red) dikumpulkan agar mendapatkan pembinaan, shockteraphy, serta agar kooperatif pada KPK, “ujar Purwanto.
Hal senada juga dibenarkan oleh Kepala Bagian Hukum Pemkab Jombang, Agus Purnomo, bahwa seluruh kepala puskesmas dikumpulkan untuk mendapatkan motivasi dari pejabat pemkab, seperti Plt Bupati Jombang, Mundjidah Wahab dan Sekretaris Daerah, Ita Tri Wibawati.
“Acara ini merupakan memberikan arahan dan motivasi pada kepala puskesmas, agar pelayanan kesehatan tetap berjalan dengan normal, “ucapnya
Namun, saat disinggung apakah rapat ini merupakan keterkaitan dengan dana Kapitasi Puskesmas yang dikutip sebanyak 7 %, dan dibagi-bagikan pada sejumlah orang, seperti Bupati, Kepala Dinas Kesehatan, tapi pihaknya membantah.
“Bukan, acara ini hanya motivasi untuk teman-teman puskesmas saja. “tegas, Agus Purnomo. (roe)









 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI