Diduga Dinas Kebersihan Kota Ternate Kurang Tanggung Jawab Atasi Sampah - Lentera Inspiratif

Daerah

Diduga Dinas Kebersihan Kota Ternate Kurang Tanggung Jawab Atasi Sampah


Rabu, 4 Oktober 2017 - 11:30 WIB




foto : kondisi sampah yang ada di jalan bastiong

Jurnalis : Faisal Habeba

Menumpuknya sampah yang berada dipinggir jalan raya Bastiong, Kecamatan Ternate Selatan,  Kota Ternate, Maluku utara, membuat geram oleh masyarakat sekitar. Pasalnya, dengan adanya tumpukan sampah yang berserakan ini akan menimbulkan permasalahan baru bagi masyarakat yang dekat dengan tempat tersebut. Permasalahan yang akan diterima bagi masyarakat adalah terkait kesehatan dan banjir ketika hujan melanda. Apalagi, sampah yang menumpuk berada pada drainase atau gorong-gorong aliran air. Jika masalah ini tak kunjung ada solusi dari Pemerintah Kota Ternate,  terutama dinas terkait, hal ini bisa mengganggu kesehatan warga sekitar. Dan mengakibatkan membuat tempat sumber penyakit.
Banyaknya warga yang mengeluh soal sampah yang dibiarkan begitu saja. Karena warga merasa terganggu dengan adanya sampah yang dibiarkan begitu saja oleh petugas kebersihan kota ternate. Dan sudah beberapa hari, sampah seperti itu dipinggir jalan raya tanpa adanya tindakan. Dan sampai sekarang dari petugas dinas kebersihan kota ternate tak kunjung kelihatan, apalagi mengangkut sampah yang ada.
Saat ditemui pada Rabu (04/10/2017), Safrudin (51) salah satu warga sekitar menjelaskan bahwa sebenarnya warga sekitar sudah membayar retribusi sampah tiap hari. Namun, kenapa dari dinas terkait membiarkan begitu saja dan menambah permasalahan yang baru. Padahal,  baru- baru ini ada petugas yang mengangkat sampah didalam selokan. Tapi, sampah tersebut dibiarkan begitu saja tanpa memikirkan dampak yang diterima masyarakat sekitar. “tuturnya
Masih menurut Safrudin,  seharusnya Pemerintah Kota ternate harus mengevaluasi Dinas terkait terhadap kinerjanya. Karena masyarakat tiap hari harus membayar retribusi sebesar Rp. 10rb. Tapi kenapa, kami sudah membayar kok masih seperti itu tanpa adanya tanggung jawab yang jelas. Dan ini menimbulkan wabah penyakit bagi masyarakat sekitar. “tegasnya (sal)

Kabiro Maluku Utara : Iksan Togol
Editor                            : Didit Siswantoro









 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI