Lenterainspiratif.id | Mojokerto – menguatkan nilai nilai Pancasila SDN Pulorejo 2 getol sosialisasikan program ARMADA (Ajang Kreatifitas Penguatan Profil Pelajar Pancasila )
Kepala sekolah SDN Pulorejo 2 Kota Mojokerto Supriyono, S.Pd, menjelaskan bahwa pelaksana sosialisasi oleh masing-masing guru kelas 1 sampai dengan kelas 6 kepada walimurid. katanya 6/10/ 2023.
”Kenapa kita sebut ARMADA, karena ARMADA yang kita maknai sebagai kendaraan bagi sekolah untuk membekali siswa pengetahuan yang berharga sesuai dengan tujuan yang tertera dalam Profil Pelajar Pancasila antara lain : Beriman dan Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, Mandiri, Bernalar Kritis, Keginekaan Global, Gotong Royong dan Kreatif,” jelasnya.
Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan di masing-masing kelas, kali ini kita akan memodifikasi kegiatan tersebut dengan sesuatu yang berbeda dan menarik di luar kelas pada Kegiatan Tengah Semester ( KTS ) supaya memberikan suasana baru bagi siswa agar tidak hanya belajar di dalam ruang kelas saja, melainkan siswa juga dapat bermain dan belajar di luar kelas, dengan harapkan kejenuhan siswa dapat menghilang dan siswa dapat men-charge semangat baru untuk memulai rutinitas belajar seperti biasanya.
” Kami para guru melihat begitu banyak potensi dan kreatifitas yang berkembang pada diri siswa SDN Pulorejo 2 Kota Mojokerto tetapi mereka kurang percaya diri dalam menyampaikan ide, gagasan, kreasi dan kreatifitas mereka, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa dan pembuatan beberapa proyek yang dapat meningkatkan keterampilan karakter siswa, kegiatan Armada ini juga digabungkan dengan isu – isu yang berkembang saat ini yaitu Bullying yang semakin marak terjadi bahkan di lingkungan pendidikan, ” jelasnya.
Tak hanya itu ia juga menegaskan bahwa Kegiatan Armada dikemas dengan beberapa kegiatan yang menarik selama 4 hari, tanggal 9 sd. 12 Oktober 2023 di SDN Pulorejo 2 Kota Mojokerto yang diikuti oleh seluruh siswa SDN Pulorejo 2 sebanyak 165 siswa.
Siswa mendapat tugas proyek dari guru serta dapat menampilkan berbagai kreatifitas mereka dalam pentas seni, adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah membuat batik asam basah, pop up book sederhana tentangku, Makbyur ( makan buah dan sayur ) bersama, kolase limbah plastik, bed time story, puisi akrosrik dan anti bulliying, pentas seni, melukis teknik percik, mendengarkan dongeng Islami, lomba Islami, e-book day, mendengarkan sosialisasi anti bulliying serta membuat deklarasi anti bulliying bagi semua warga sekolah.
Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa dapat pengalaman baru dan kemampuan literasi siswa semakin berkembang, siswa memiliki kepercayaan diri dalam berbagai kegiatan, mampu menghargai dan menghormati orang lain, baik perbuatan maupun bertutur kata yang sopan sehingga dapat mengurangi bulliying yang ada di sekolah, siswa juga dapat mengetahui bahaya buliiying baik bulliying verbal , bulliying fisik, pengucilan atau bulliying relasional, ciberbulliying, penindasan seksual dan emosional, siswa juga dapat berprestasi baik dibidang akademis maupun non akademis.
Selain itu guru juga dapat mengetahui kemampuan dan keterampilan yang dimiliki oleh masing – masing siswa, sehingga memudahkan guru untuk mengetahui bakat dan minat mereka.
Kegiatan dalam ARMADA ini bisa juga diganti dengan kegiatan-kegiatan yang lain dan menarik sesuai dengan kebutuhan sekolah, karena pada dasarnya kegiatan ini menggabunggkan beberapa kegiatan dan dikemas secara apik, agar siswa senang belajar bersama-sama di luar kelas.
Tetapi kegiatan ARMADA ini tidak akan berhasil tanpa bantuan orang tua / walimurid, karena sebagian tugas proyek dilaksanakan di rumah dengan bantuan orang tua. Tutupnya ( Roe)