Gaya HidupTips

Menu Makan Sahur Yang Harus Dihindari Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan

×

Menu Makan Sahur Yang Harus Dihindari Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan

Sebarkan artikel ini
Menu Makan Sahur Yang Harus Dihindari Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan
ilustrasi

Menu Makan Sahur Yang Harus Dihindari Agar Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan
ilustrasi

Lenterainspiratif.id | Jakarta – Wah tak terasa ya puasa sudah memasuki hari ke tiga, kalian sahur apa tadi malam agar kuat beraktifitas hari ini?

Tau kah kamu bahwa menu sahur yang kita santap juga tidak boleh sembarangan loh, pada saat sahur sebaiknya kita mengkonsumsi makanan yang bernutrisi, dan kaya akan serat, karena akan membuat kita bisa kenyang lebih lama.

Nah berikut lenterainspiratif.id menyajikan beberapa tips memilih menu makan sahur agar puasa kalian lancar.

1. Tinggi kandungan garamnya

Wah, ternyata makanan yang mengandung garam dapat membuat kita lebih cepat merasa haus loh, karena makanan yang mengandung banyak garam dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap cairan.

Selain itu, makanan yang mengandung banyak garam juga dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi atau hipertensi loh.

2. Roti

Berikutnya adalah roti, wah ada apa ya dengan roti sehingga kurang tepat jika dijadikan menu sahur ?

Karena pada dasarnya, roti terigu dan nasi putih termasuk karbohidrat sederhana. Hal yang membedakannya adalah roti terigu lebih banyak mengalami pengolahan dan lebih halus dibandingkan dengan nasi, sehingga karbohidrat yang dikandungnya semakin mudah dicerna menjadi energi.

3. Makanan berlemak

Hayo siapa nih yang suka makanan berlemak, tahu kah kamu bahwa sahur dengan makanan yang mengandung banyak lemak jenuh dapat menyebabkan kita terkena masalah lambung loh.

Banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh akan membuat perut kita terasa begah, terlebih lagi bagi penderita maag sebaiknya menghindari makanan dengan lemak jenuh.

“Maag atau GERD secara umum harus menghindari makanan yang ketika dia makan akan tinggal lama di lambung dan bikin begah, seperti makanan yang tinggi lemak. Jadi diusahakan makan makanan yang tidak tinggi lemak,” jelas dokter spesialis gizi klinis dari RS Pondok Indah dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK.

4. Makanan manis

Nah jika pada saat berbuka kota dianjurkn mengkonsumsi makanan yang manis, namun berbeda lagi nih dengan sahur, kita justru dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi secara berlebihan makanan atau minuman yang manis. Hal itu karena makanan dan minuman manis dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh kamu.

Apabila kadar gula darah meningkat, maka pankreas akan melepas hormon insulin. Ketika insulin dilepas, glukosa bisa turun lagi sampai di bawah normal yang akan menyebabkan orang tersebut merasa lemas, capek, dan mudah ngantuk.

5. Makanan pedas

Makanan pedas, nah siapa nih yang kalau makan harus pedas karena kalau tidak pedas katanya seperti belum makan. Saran dari lenterainspiratif.id lebih baik kalian mengurangi makanan pedas saat puasa ya. Hal itu dikarenakan mengonsumsi makanan pedas saat sahurakan membuat perut tidak nyaman karena produksi asam lambung meningkat.

Tak hanya itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan pedas dapat membantu kita terserang diare, jika tubuh mengalami diare maka tubuh akan mengalami dehidrasi karena kehilangan banyak cairan. ( tim )

Print Friendly, PDF & Email