Lenterainspiratif.id – Kabar gembira bagi Para konten kreator, karena perusahaan media sosial terbesar asal Amerika Serikat (AS), Facebook akan menggelontorkan dana sebesar US$ 1 miliar atau se Rp 14,5 triliun (kurs Rp 14.500), untuk para konten kreator di platform media sosial.
Sebagaimana dilansir dari Reuters, Kamis (15/7/2021). Investasi tersebut akan digunakan untuk membayar bonus para konten kreator yang mencapai tingkatan tertentu pada aplikasinya, yakni Facebook dan Instansi hingga akhir 2022 mendatang.
Dengan kata lain, Facebook dan Instagram berencana untuk menggunakan sebagian besar dana senilai Rp 14,5 T tersebut untuk menstimulus para pembuat konten di platform mereka.
Facebook mengatakan bahwa rencananya ini bertujuan untuk memberi penghargaan kepada para pembuat konten, terutama mereka yang baru memulai. Namun seperti yang sudah diketahui kalau sebenarnya hal semacam ini dilakukan oleh Facebook dan Instagram guna merayu para pembuat konten dengan banyak pengikut, sehingga mereka (para content creator) ingin menggunakan platform tersebut dan membawa penggemar mereka sebagai pengguna aplikasi.
Sebenarnya, strategi seeprti itu sudah sangat sering digunakan oleh platform media sosial, seperti YouTube dan tiktok. Seeprti yang sebelumnya telah dilakukan tiktok, untuk mendukung para pembuat konten di aplikasi mereka, tiktok menggelontorkan dana sebesar US$ 2 miliar atau sekitar Rp 29 triliun.
Selain itu ada juga platform sosial media Snapchat yang biasa membayar para pembuat konten sebesar US$ 1 juta atau sekitar Rp 14,5 miliar per harinya untuk memposting video pendek populer di platformnya dan mengatakan masih mendistribusikan jutaan dolar per bulannya untuk mendukung para pembuat konten melalui program Spotlight-nya. ( tim )