Kenali Dampak Denial Syndrome atau Kebiasaan Menyangkal Kenyataan - Lentera Inspiratif

Tips

Kenali Dampak Denial Syndrome atau Kebiasaan Menyangkal Kenyataan


Jumat, 19 Agustus 2022 - 12:19 WIB


Denial Syndrome

Lenterainspiratif.id | Kesehatan – Denial Syndrome ketakutan menerima kenyaatan, salah satunya dampaknya buat kamu tidak bisa mencintai diri sendiri loh!.

Sering kali kita sering mendengar ‘cintai lah diri sendiri sebelum mencintai orang lain’. Hal ini dikatakan untuk seseorang yang sedang tidak percaya diri atau ketakutan akan kebahagiaan dirinya sendiri.

Namun, pernahkah kamu mendengar istilah denial di dalam sebuah diskusi, buku-buku ilmiah bahkan fiksi, ataupun percakapan sehari-hari? Tentunya tidak asing bukan, lalu apa itu denial?

BACA JUGA :   Kolesterol Tinggi? Coba Obati dengan Bahan Herbal Ini

Dilansir dari berbagai sumber, denial atau penyangkalan merupakan salah satu bentuk mekanisme pertahanan diri atau self defense mechanism terhadap suatu kenyataan.

Penyebab utama Denial Syndrome atau penyangkalan ini dikarenakan agresi dan seksualitas yang membuatnya merasa cemas.

Biasanya, bentuk penyangkalan ini dilakukan seseorang ketika merasa takut dan stres berat pada suatu kejadian yang dianggap membuatnya terluka dan menderita.

Sehingga, orang tersebut tidak bisa menerima kenyataan karena dianggap tidak sesuai dengan harapannya bahkan mengubur secara mendalam keinginannya karena takut akan resikonya.

BACA JUGA :   Waspada, Ini 6 Gejala Kanker yang Wajib Anda Ketahui

Dilansir dari verywellmind.com, manusia seringkali menyangkal hal-hal yang tampaknya menyakitkan, berlebihan, dan membuatnya stres. Hal ini adalah wajar dalam kehidupan manusia.

Lalu, bagaimanakah dampak Denial Syndrome ini?

Seringkali Denial Syndrome ini selalu dikonotasikan negatif karena ketakutan akan menerima kenyataan yang ada. Bagi seorang yang denial, akan merasa bahwa kenyataan hanyalah bersifat remeh, sehingga menganggap sepele hal-hal yang akan terjadi dikemudian hari.

Denial Syndrome berkepanjangan dapat berdampak merusak mental, meningkatkan depresi bahkan membuat orang tersebut tidak mencintai dirinya sendiri.

BACA JUGA :   Penderita Diabetes Wajib Hindari Makanan Ini Agar Kadar Gula Tetap Stabil

Contohnya seperti ini, ketika kita tetap kekeuh untuk tidak berkonsultasi ke dokter, padahal kepala sebelah kiri masih terasa pusing sebelah setiap hari, hal tersebut malah dapat memperburuk kondisi kesehatan dan jika dibiarkan terus bisa menjadi toxic dalam kehidupan kita.

Tetapi Denial Syndrome dalam jangka pendek bisa berdampak positif dan bermanfaat bagi kehidupan kita loh namun, jangan melupakan dampak negatifnya. (Met)


Tag: , ,







 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI