Tips

Tips Agar Puasa Jadi Momen Diet Yang Efektif

×

Tips Agar Puasa Jadi Momen Diet Yang Efektif

Sebarkan artikel ini
Tips Agar Puasa Jadi Momen Diet Yang Efektif

Tips Agar Puasa Jadi Momen Diet Yang Efektif
Tips Ramadhan

Lenterainspiratif.id | Jakarta – Semua umat muslim di dunia diwajibkan menjalankan ibadah puasa saat Ramadhan. Nah, di momen puasa seperti inilah yang sekaligus kerab digunakan oleh seseorang untuk menurunkan berat badan.

Berpuasa memang menjadi salah satu metode yang efektif untuk menurunkan berat badan karena waktu makan yang singkat sehingga kalori dalam tubuh menjadi berkurang. Hal ini disampaikan oleh seorang Ahli gizi Mochammad Rizal dalam akun Instagramnya @rizalnutritionist.

“Sebenarnya dalam puasa atau nggak puasa, berat badan bisa tetap turun atau juga sebaliknya bisa naik. Di bulan Ramadhan, teman-teman mungkin nggak puasa tapi bisa turun berat badannya. Tapi sebagian orang seketika bisa naik,” ujarnya.

Berikut adalah tips agar puasa tak malah bikin BB naik, tapi justru efektif bikin BB turun?

1. Jangan kalap saat buka

Berbagai kudapan yang dijual menjelang waktu buka puasa jelas menggiurkan. Namun, kalap saat buka puasa tanpa disadari membuat seseorang terlalu banyak konsumsi makanan manis dan tinggi kalori.

Tak ada salahnya berbuka dengan yang manis untuk mencukupi kebutuhan gula. Namun pastikan, momen berbuka tak menjadi peluang asupan gula tak berlebih.

2. Tak selektif soal menu berbuka

Ngemil saat berbuka puasa tentu boleh-boleh saja. Akan tetapi, usahakan agar asupan camilan tetap berdampak baik bagi tubuh.

Salah satu camilan yang paling menggoda adalah gorengan. Di samping kelezatannya, camilan ini mengandung lemak jahat, semakin buruk jika digoreng dengan minyak yang sudah dipakai berkali-kali ala jajanan pinggir jalan.

3. Tetap berolahraga

Tak perlu takut, berolahraga sembari berpuasa rupanya aman-aman saja loh. Yang penting, olahraga disesuaikan kemampuan tubuh, dan dilakukan pada waktu yang tepat.

Tak hanya efektif membakar kalori, berolahraga saat puasa juga bisa mencegah tubuh mudah lemas.

Print Friendly, PDF & Email