Akibat Pengambilan Pasir Secara Ilegal, Swering Ambruk - Lentera Inspiratif

HOME // Peristiwa

 

Akibat Pengambilan Pasir Secara Ilegal, Swering Ambruk

  Jumat, 27 Oktober 2017



foto : kondisi swering yang ambruk
Jurnalis : Kasim Bungan
Morotai, Lentera Inspiratif.com
Swering yang berada di Desa Daeo Majiko, Kecamatan Morotai  Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, ambruk di hantam ombak laut. Pasalnya, swering ambruk diduga akibat pengambilan pasir pantai secara ilegal. Sehingga mengakibatkan ketika ombak datang, swering tersebut ambruk karena hantaman ombak.
“Ambruknya swering akibat dari pengambilan pasir yang berada di area tersebut, “ujar Henus Bode (49) warga setempat, saat ditemui pada Jumat (27/10/2017).
Namun, dengan ambruknya swering belum ada tindakan tegas dari Pemerintah Desa maupun Pemerintah Kabupaten Sendiri. Padahal, kondisi swering sangat membahayakan. Sebab, antara swering dengan pemukiman warga sangat dekat. Hal demikian, di khawatirkan jika ombak datang akan menghantam rumah warga. Karena sudah tak ada lagi yang  menahan hantaman ombak.
“Ditahun 2012 rumah saya dengan bibir pantai atau swering sekitar 52m2. Namun, ditahun 2014 sampai sekarang menjadi 10m2 dari swering,”ucapnya
Untuk itu, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa agar mengambil langkah tegas dalam mengambil sikap. Karena, ini juga sangat membahayakan keselamatan. Dalam hal ini, memperbaiki swering yang telah rusak maupun menghentikan aktifitas penambangan pasir.
“Saya harap Pemerintah setempat, segera mengambil langkah untuk menyelesaikan hal ini.”pungkas Henus (sim)
Kabiro Maluku Utara : Iksan Togol
Editor : Didit Siswantoro





 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI