Reformasi Untuk Birokrasi - Lentera Inspiratif

HOME // Opini

 

Reformasi Untuk Birokrasi

  Selasa, 10 Oktober 2017



foto : ilustrasi
Penulis : Faisal Didi (Jurnalis Lentera Inspirarif.com, biro Sofifi)
Bahasa reformasi birokrasi di kalangan kaum intelektual dan pemerintah bukanlah hal yang baru melainkan hal yang sering di perbincangkan. Namun keluhan dari masyarakat tentang efisiensi dan profesionalitas pelayanan publik sudah lama menjadi keluhan masyarakat.Reformasi birokrasi dianggap hal biasa atau tidak perlu di perbincangkan lagi.
Namun berbagai gagasan yang disampaikan oleh pihak pemerintah,itu hanyalah sebatas konsep. Realitas yang terjadi tidak banyak perubahan,ada sebagian masyarakat menjadikan hal itu hanya sekedar wacana belaka dan akan hilang seiring dengan perkembangan informasi lainnya,terutama persoalan politik,Ini yang menjadi persoalan yang besar sebenarnya. Reformasi sangat penting, akan tetapi reformasi birokrasi masih belum muncul usaha radikal, namun demikian kontrak pelayanan publik yang juga di janjikan dalam visi misi terdahulu dan juga belum menjadi gelombang perubahan di indonesia, akan tetapi reformasi birokrasi yang sekarang ini adalah sebentuk upaya untuk mengembalikan peranan pelayanan publik pemeritah ke masyarakat.
Sudah jelas fokus reformasi birokrasi merupakan agenda penting yang sudah lama terabaikan, padahal dalam era sekarang sangat di perlukan birokrasi yang efektif dan efisien untuk mengeksekusi kebijakan pemerintah. Birokrasi bukan figuran, maka sudah jelas birokrasi menjadi aktor dan syarat utama sebelum melangkah pada perubahan besar yang lain.
Sudah banyak daerah yang sudah berada di jalur yang tepat, akan tetapi juga ternyata banyak daerah yang sama sekali tidak peduli dengan nasib birokrasi yang terkooptasi oleh kepentingan politik yang membuat kelimpangan kebijakan tanpa keberpihakan kepada rakyat, oleh karena itu perlu untuk memeratakan reformasi birokrasi ke seluruh daerah di indonesia, birokrasi harus bekerja hingga ke pelosok nusantara. Agenda besar dan berat memang sedang di panggul dalam era pemerintahan saat ini, tetapi dengan kepemimpinan yang tegas dan kuat setidaknya akan ada visi yang benar-benar di sepakati bersama agar agenda reformasi birokrasi dieksekusi bersama.
Kabiro Maluku Utara : Iksan Togol
Editor : Didit Siswantoro





 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI