Efektivitas Isue PKI Sebagai Pengalih Isue - Lentera Inspiratif

Opini

Efektivitas Isue PKI Sebagai Pengalih Isue


Rabu, 20 September 2017 - 10:42 WIB




opini di tulis oleh: Siswanto (ketua pk. Kota Mojokerto front nasional perjuangan buruh Indonesia)

Partai Komunis Indonesia (PKI) adalah partai politik yang telah di bubarkan oleh Presiden Soeharto dengan adanya Keputusan Presiden Nomor 1/3/1966 tentang Pembubaran Partai Komunis Indonesia dengan Mengatasnamakan Presiden Soekarno,  yang kemudian diperkuat dengan ketetapan MPRS nomor XXV/ 1966. Dan itu menjadi produk hukum Soeharto untuk pertama kalinya setelah menerima surat perintah 11 maret atau yang biasa disebut "Supersemar" , dalam rangka pengembalian stabilitas Negara. 
Pernah di kutip oleh kompas. com sejarawan lembaga ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI)  'Asvi Warman Adam mengatakan, bahwa upaya pembubaran PKI terlihat dari sisi politis,  bukan dari sisi ideologi.  Untuk merebut kekuasaan dari Presiden Soekarno haruslah menghancurkan PKI terlebih dahulu karena PKI sangat dekat dengan Presiden Soekarno,  upaya untuk menjauhkan orang orang dekat Presiden Soekarno dengan menggunakan isu menstabilkan Negara. Dan PKI dinyatakan sebagai partai terlarang mulai tahun 1965.

Kita masih sangat ingat bahwa pada Masa Orde Baru (Orba),  setiap tanggal 30 september kita selalu di perlihatkan dengan film yang menggambarkan kekejaman PKI. Sehingga mau tidak mau kita secara tidak langsung tercuci dalam otak kita bahwa komunis itu kejam,  akan tetapi banyak fakta pula bahwa selama ini bukti bukti yang mengarah pada kekejaman PKI juga. 

Setelah orde baru tumbang para aktifis aktifis mahasiswa yang di duga berhaluan komunis seperti Partai Rakyat Demokratik (PRD) yang saat ini kembali pada ideoologi Pancasila di mana saat itu masih SMID ( solidaritas mahasiswa Indonesia untuk demokrasi). Yang hari ini tokoh tokohnya sudah masuk dalam partai partai politik besar seperti Budiman sujatmiko di PDI perjuangan,  Dita Indahsari di PKB (partai kebangkitan bangsa) dan banyak lagi tokoh di partai yang lain. Yang saat itu mampu menumbangkan rezim otoriter dengan isu isu persatuan dan pembangunan Isu musuh bersama Soeharto.  Dan pasca reformasi pun sontak film yang selalu di putar saat tanggal 30 september tidak pernah lagi di putar,  juga dalam pelajaran sejarah pun juga di hilangkan.

Dan saat ini film 30 S PKI itu mulai di putar kembali,  pertanyaanya adalah ada apa dengan PKI,  siapa PKI itu untuk saat ini.  Apakah PKI hari ini adalah satu satunya alat isue untuk mengalihkan isue yang jauh lebih penting. Ataukan isu untuk pengalihan isu gerakan papua merdeka. Sumber.kompas. com/ wilkipedia.

Editor : Didit Siswantoro










 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI