Terdesak Ekonomi, Penjahat Kambuhan di Ponorogo Kembali Bobol Konter HP - Lentera Inspiratif

Hukum / Jawa Timur / Kriminal

Terdesak Ekonomi, Penjahat Kambuhan di Ponorogo Kembali Bobol Konter HP


Jumat, 19 Agustus 2022 - 12:27 WIB


Penjahat kambuhan, Ponorogo,

Lenterainspiratif.id | Ponorogo – Seorang pria berinisial ABA (18) warga Desa Tajug, Kecamatan Siman, Ponorogo, kembali harus mendekam di balik jeruji besi. Pasalnya pria itu kembali membobol konter HP karena terdesak kebutuhan ekonomi.

Akibat kejadian itu, pemilik konter mengalami kerugian Rp 6 juta. Barang yang diambil tersangka berupa uang tunai Rp 3 juta, HP 1 unit, 1 music box, dan 1 headset.

“Tersangka merupakan residivis kasus serupa, ini kali keempat tertangkap,” tutur Kapolres Ponorogo AKBP Catur Cahyono Wibowo kepada wartawan, Jumat (19/8/2022).

Catur menerangkan, aksi pencurian itu terjadi pada (27/06/2022) lalu saat konter dalam keadaan tutup. Tersangka masuk lewat celah jendela kaca kamar mandi.

“Setelah memecah kaca, kemudian tersangka masuk lewat kamar mandi dan mengambil barang di meja toko,” terang Catur.

Kasat Reskrim Polres Ponorogo AKP Nikolas Bagas Yudhi Kurnia menambahkan, aksi pencurian itu pertamakali dilakukan saat tersangka masih berusia 12 tahun.

“Dia hidup sendiri, tidak bersama orang tua. Untuk mencukupi kebutuhan hidup, dia pun mencuri,” papar Niko.

Dulu saat masih usia anak-anak, hukuman tersangka disesuaikan dengan peradilan anak. Namun karena saat ini sudah berusia 18 tahun, akhirnya diberlakukan pidana sesuai tindak kejahatannya.

“Pasal yang dikenakan 363 ayat 1 KUHP, tindak pidana pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” pungkasnya.(fi)


Tag: ,







 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI