Simak Rek! 5 Rekomendasi Film Bertajuk Kemerdekaan Indonesia - Lentera Inspiratif

Jawa Timur / Peristiwa

Simak Rek! 5 Rekomendasi Film Bertajuk Kemerdekaan Indonesia


Minggu, 14 Agustus 2022 - 12:12 WIB




Lenterainspiratif.id | Nasional – Selain identik dengan upacara bendera dan berbagai lomba yang diadakan di kampung untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan.

Rupanya, di bulan ini juga menjadi inspirasi bagi industri perfilman, dalam mengangkat sejarah kemerdekaan Indonesia melalui sebuah film.

Bulan Agustus selalu menjadi bulan yang istimewa untuk mengenang jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Berikut 5 rekomendasi film di bulan Agustus :

1. Janur Kuning (1979)

Film bertajuk Janur Kuning, berkisah tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia dalam meraih kembali kemerdekaanya yang direbut pasukan sekutu. Dalam kisah film ini, tokoh utamanya merupakan seorang perwira muda, Letkol Soeharto, yang meyakinkan Jenderal Sudirman untuk kembali ke Yogyakarta.

2. Tjoet Nja Dhien (1988)

Film Tjoet Nja Dhien yang digarap pada tahun 1988 ini pernah menang dalam Piala Citra sebagai film terbaik lho, pada kala itu. bahkan film yang menceritakan tentang perjuangan seorang wanita asal Aceh ini sempat direstorasi di Belanda dan ditayangkan kembali di bioskop.

3. Doea Tanda Mata (1985)

Sebelum menggarap film Doea Tanda Mata, tim produksi sempat melakukan riset lebih mendalam untuk mendapatkan informasi terkait kehidupan dan kegiatan, di Akademi Militer (AKMIL) Magelang. Lantaran film ini bercerita tentang kisah dua orang perwira yang berjuang bersama namun memiliki latar belakang beda.

4. Battle of Surabaya (2015)

Film perang yang mengambil latar peristiwa perlawanan rakyat terhadap penjajah di Surabaya pada 10 November 1945, ini berbeda dengan kebanyakan film sejarah lainnya, lantaran film ini disajikan dalam bentuk animasi.

Meskipun diproduksi dalam bentuk animasi, film garapan MSV Picture yang disutradarai Aryanto Yuniawan ini sukses memenangkan berbagai penghargaan film ternama, lho. sebut saja seperti International Film Festival 2017, Best Animation dalam Berlin International Film Festival 2017, Best Animation dalam Nice International Film Festival 2017, dan masih banyak lagi.

5. Kadet 1947 (2021)

Rekomendasi film penjajahan berikutnya, diambil dari kisah nyata. Yakni menceritakan tentang para pelajar penerbangan Angkatan Udara Maguwo, yaitu Sigit, Mul, Har, dan Ajdi yang berambisi membantu tentara Indonesia dalam melawan Belanda.


Tag: , , ,







 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI