Tak Komitmen, Kampus IAIN Ternate Diprotes Calon Wisudawan - Lentera Inspiratif

Daerah

Tak Komitmen, Kampus IAIN Ternate Diprotes Calon Wisudawan


Rabu, 25 Oktober 2017 - 06:31 WIB




foto : saat calon wisudawan lakukan protes di kampus iain ternate
Jurnalis : Iksan Togol
Ternate, Lentera Inspiratif.com
Aksi protes dari sejumlah calon Wisudawan Mahasisa Institut Agama Islam Negeri Ternate (IAIN) Ternate, Maluku Utara terjadi pada (25/10/2017) sekitar 09.25 WIT. Pasalnya, aksi protes yang dilakukan karena ditundanya agenda wisuda pada tanggal 28/10/2017 mendatang, digeser pada tanggal 02/11/2017. Sehingga, menimbulkan reaksi dari calon peserta wisuda.
Aksi protes itu dilakukan di halaman Kampus IAIN Ternate. Namun, dalam aksi yang dilakukan oleh Calon Wisudawan sempat dibungkam oleh Oknum Pegawai Kampus. Bahkan ada bahasa yang tidak etis dikeluarkan oleh oknum pegawai Kampus. “Talama kita banting-banting ngoni p magavone (pengeras suara)”, dan setelah itu masa aksi diseret diruangan,”ujar salah satu Mahasiswa yang enggan disebutkan namanya.
Masih menurut Mahasiswa, aksi protes ini dilakukan karena atas kekecewan dan tak komitmennya kampus untuk gelar wisuda pada tanggal yang ditentukan sebelumnya. Disamping itu, kasihan orang tua yang sudah datang jauh ke tempat anaknya yang hendak diwisuda. Namun, kenyataannya di tunda-tunda oleh pihak kampus.”Ini kan bisa menambah anggaran pengeluaran, apalagi orang tua yang kerja, otomatis akan mempengaruhi kerja terkait izin yang dilakukan, “tukasnya
Sementara itu, Muhammad Zein selaku Wakil Rektor 1, saat ditemui diruang kerjanya menjelaskan bahwa wisuda ini ditunda atas unsur kesengajaan dari pimpinan. Pertama dengan surat edaran Dirjen, ederan itu menyangkut bahwa, terkait dengan perayaan sumpah pemuda pada 28/10/2017, harus dirayakan besar-besaran sebagai wawasan kebangsaan. Dan yang kedua diundang Walikota sama unsur Muspida dan SKPD. “Oleh karena itu, gelar wisuda di tunda sementara. Dan di gantikan dengan tanggal 02/11/2017,”tuturnya
Muhammad Zein menambahkan bertepatan dengan tanggal tersebut, di Halmahera Selatan, ada agenda event Widi International fishing Tournament (Wift). Jika memang kegiatan ini dilakukan maka, Walikota, Muspida dan SKPD tidak akan hadir. “Karena di Halmahera Selatan juga menggelar kegiatan hari Sumpah Pemuda dan Wift.”tandasnya (san)
Kabiro Maluku Utara : Iksan Togol
Editor : Didit Siswantoro









 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI