Puskesmas Dan Fatayat NU Selaraskan Progam - Lentera Inspiratif

Daerah / Peristiwa

Puskesmas Dan Fatayat NU Selaraskan Progam


Sabtu, 7 Oktober 2017 - 07:55 WIB




foto : kepala puskesmas ternate utara
Jurnalis : Sarif Umra
Ternate, Lentera Ispiratif.com
Terkait dengan kesehatan masyarakat yang berada di Kota Ternate,  Maluku Utara, khususnya Ternate Utara menuai berbincangan. Pasalnya,  Puskesmas yang berada di Kecamatan Ternate Utara ini bisa dijadikan salah satu Puskesmas yang memiliki progam ‘unggulan serta dijadikan contoh bagi Puskesmas lainnya. Sebab,  bukan hanya persoalan pelayanan, namun kepedulian Kesehatan terhadap masyarakat sangat diperhatikan. Puskesmas kecamatan memiliki 14 kelurahan, dari 14 kelurahan 5 kelurahan sudah terlepas antara lain kelurahan Tabam, Sanggo, Tubo, Tafure dan Tarau. Dan 5 kelurahan tersebut, sudah bergabung dengan puskesmas bahari berkesan yang berada di kelurahan Tubo. Sedangkan untuk 9 kelurahan berada di Puskesmas Siko, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate.
“Puskesmas ini memiliki program bagi kesehatan dan pelayanan masyarakat. Namun, dalam progam tersebut dibagi menjadi 2, yaitu program pelayanan dalam gedung dan pelayanan diluar gedung. Dan pelayan didalam gedung yaitu pelayan klinik atau pelayanan rawat jalan,  pemeriksaan Dokter umum, Dokter gigi, pemeriksaan Ibu hamil atau kesehatan ibu dan Anak, pemeriksaan gizi, kesehatan lingkungan, pemeriksaan musik kesahatan, layanan terpadu anak balita khusus, pelayanan ketemu psikolog yang di lakukan setiap hari rabu. Sedangkan pelayanan diluar gedung antara lain Pelayan Unit kesahatan masyarakat (UKM) pelayanan yang lebih menyentuh ke masyarakat melayani penyakit yang tidak menular yaitu seperti Pos Bindu.”ujar Kepala Puskesmas Kecamatan Ternate Utara, Wirda Albar,  Sabtu (07/10/2017).
Masih lanjut Wirda,  Puskesmas Kecamatan memiliki pos kesehatan antara lain poskeskel, Polindes dan Pustu berada di kelurahan dufa-dufa. Sementara Puskesmas Kecamatan Ternate Utara bekerja sama dengan Fatayat Nahdatul Ulama (NU), dalam hal pos pengaduan ibu dan anak itu berada di kelurahan Dufa-dufa.”tambahnya
Terkait dengan kerjasama ini, agar masyarakat kecamatan Ternate utara, lebih ke pemberdayaan masyarakat antara lain, seperti Pos Kesehatan Kelurahan yang berada Tubenga, Ternate Utara. Supaya masyarakat mempunyai kesadaran untuk membuat pos kesehatan masyarakat. Dan Puskesmas Kecamatan Ternate Utara, berharap agar masyarakat mau bekerja sama. Dan kalau lintas sektor kerja samanya itu kelurahan dan kecamatan. Dan harapannya bisa menjadi juara Puskesmas terbersih serta Kelurahannya juga. Sebab kesehatan merupakan kebutuhan dan hal yang penting. (rif)
Kabiro Maluku Utara : Iksan Togol
Editor : Didit Siswantoro









 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI