Angin Kencang, Masyarakat Pulau Gurua Ici Terpaksa Bertani - Lentera Inspiratif

Daerah / Peristiwa

Angin Kencang, Masyarakat Pulau Gurua Ici Terpaksa Bertani


Kamis, 16 November 2017 - 09:47 WIB




foto : kondisi laut yang membahayakan

Jurnalis : Sarif Umra

Halmahera Selatan, Lentera Inspiratif.com
Angin kencang disertai gelombang tinggi di pantai Gurua Ici Tengah, Kecamatan Kayoa, kabupaten halmahera selatan, Maluku Utara, mulai terjadi sejak sepekan terakhir. Kondisi itu membuat sejumlah nelayan terpaksa tidak bisa melaut.
Murham Muhamat warga desa Buli melalui via celuler pada, (16/11/2017) kepada lentera inspiratif.com mengatakan banyak nelayan di kacamatan kayoa yang biasanya melaut, sejak sepekan terakhir ini mereka tidak bisa melaut lagi, karena gelombang tinggi disertai angin kencang.
Tambah Murham Muhammad, gelombang tinggi menyebabkan masyarakat tidak bisa melaut, sehingga memutuskan kebutuhan sehari-sehari lebih baik bertani untuk sementara waktu.
Lanjut Murham, masyarakat desa Buli dengan jumlah penduduk 300 sekian, banyak yang berpofesi melaut. Namun, jika terjadi gelombang tinggi maka profesi melaut tersebut di ganti dengan profesi bertani untuk sementara waktu. Sampai gelombang tinggi serta angin kencang bersahabat. “Tetapi ketika tak melaut, masyarakat baru mempunyai kesempatan untuk memperbaiki alat-alat mancing dan lain-lain.”tandasnya
Kabiro Maluku Utara : Iksan Togol









 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI