Tertimbun Tanah Longsor, Jalur Alternatif Malang - Pasuruan Terputus - Lentera Inspiratif

HOME // Jawa Timur // Peristiwa

 

Tertimbun Tanah Longsor, Jalur Alternatif Malang – Pasuruan Terputus

  Jumat, 17 Juni 2022

Tertimbun, Tanah Longsor, Malang
Lokasi tanah longsor

Lenterainspiratif.id | Malang – Jalur alternatif yang menghubungkan Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan sempat terputus gara-gara tertimbun tanah longsor pada Kamis (16/6/22) malam.

“Kemarin sampai malam jalan tersebut memang terputus. Semua kendaraan tidak bisa melintas karena longsor. Namun hari ini (Jumat, red) sudah bisa dilalui setelah material longsor dibersihkan. Kami harap pengendara waspada jika melintas, karena jalan tersebut banyak tebing,” ungkap Kapolsek Jabung AKP Koesmindar, Jumat (17/6/2022).

Diketahui, tanah longsor tersebut terjadi di perbatasan. Antara Nongkojajar Kabupaten Pasuruan dan Desa Kemiri, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

“Untuk titik lokasi yang longsor masuk wilayah Nongkojajar Kabupaten Pasuruan,” ujar mantan Kasat Sabhara Polres Malang ini.

Diduga bencana longsor disebabkan karena wilayah tersebut sebelumnya diguyur hujan sehingga tanah terus tergerus air dan terjadi longsor.

Akibatnya akses jalan terputus lantaran tertutup batang pohon dan material longsor.

BACA JUGA :   Tragis, Pasutri di Malang lakukan Bunuh Diri Bersama

Koesmindar melanjutkan, tanah longsor tersebut terjadi akibat hujan deras yang terjadi Kamis sore. Mungkin karena kondisi tanah yang labil dan tidak kuat menahan gerusan air hujan sehingga mengakibatkan tanah longsor.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulamgan Bencana (BPBD) Kabupaten Malang, Sadono Irawan membenarkan kejadian tersebut.

“Tadi sekitar pukul 17.30. Kami mendapatkan laporan dari perangkat desa ada longsoran yang menutup akses jalan penghubung antara Kabupaten Malang dan Pasuruan,” tuturnya.

Akibatnya jalur lalu lintas tidak dapat dilalui, terpaksa harus berbalik arah dan menempuh jalur lainnya.

“Meski jalur lalu lintas lumpuh total, tidak ada korban jiwa atas insiden ini,” pungkasnya. (Suf)






 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI