Kunjungan Konjen Australia, Bupati Mojokerto Pamerkan Sejarah Majapahit - Lentera Inspiratif

HOME // Daerah // Jawa Timur

 

Kunjungan Konjen Australia, Bupati Mojokerto Pamerkan Sejarah Majapahit

  Rabu, 8 Juni 2022

Kunjungan Konjen Australia, Bupati Mojokerto Pamerkan Sejarah Majapahit
Konsul Jenderal Australia Surabaya, Ms Fiona Hoggart saat bersama Bupati Ikhfina Fahmawati

Lenterainspiratif.id | Mojokerto – Mendapatkan kunjungan dari Konsulat Jendral (Konjen ) Australia, Bupati Mojokerto Ikhfina Fahmawati menjelaskan segudang wisata dan sejarah kerajaan Majapahit yang jadi kebanggan bangsa Indonesia dan Mojokerto pada khusunya.

Konsul Jenderal Australia Surabaya, Ms Fiona Hoggart mendapatkan penjelasan bagaimana keindahan alam serta  peninggalan Kerajaan Majapahit di Griya Wira Praja ( Peringgitan) Kabupaten Mojokerto Rabu  ( 08/06/2022).

Peninggalan Kerajaan Majapahit, banyak terdapat di wilayah Trowulan karena di tempat itu merupakan bekas pusat pemerintahan kerajaan pada abad ke 15.

Diantara peninggalan tersebut adalah, Candi Bajang Ratu, Petilasan Siti Inggil ( Raden Wijaya), Candi Tikus, Candi Brahu Budha Tidur, Kolanm Segaran dan banyak lagi tempat sejarah lainya.

Bupati Mojokerto Ikhfina menjelaskan bahwa salah satu yang tidak dimiliki negara lain adalah Gunung Penanggunggan, jika mendaki gunung itu akan terasa seperti  mendaki Gunung Fujiyama  Jepang namun perbedaanya adalah dengan alam hutan tropis di sisi kanan dan kiri jalur pendakian.

BACA JUGA :   Polrestabes Surabaya Bekuk Dua Pengedar Narkoba di Waru, Sidoarjo

” Gunung Penanggungan sangat digemari para pendaki, selain pemandangannya bagus dengan suasana hutan tropis, tak hanya itu di gunung itu juga terdapat Petirtaan Jolotundo yang kualitas airnya sangat luar biasa”, jelasnya.

Sembari menunjukan video wisata sejarah peninggalan Majapahit , Bupati perempuan pertama itu juga memaparkan tentang Candi Bajang Ratu dimana candi tersebut merupakan simbul dari Raja Bujang ( raja yang belum menikah) yang ia gugur sebelum menikah.

” Wilayah Mojokerto tak hanya memiliki potensi wisata sejarah, namun kami juga memiliki potensi kawasan industri sebagai salah satu pendulang pendapatan asli daerah ( PAD) terbesar diantaranya di wilayah utara kawasan Jetis, wilayah timur kawasan Ngoro Industri “, paparnya.

Selain menjelaskan potensi wisata ia juga memaparkan sebaran wilayah industri, sebagai lahan investasi bagi para  investor.

Sementara itu, Konsul Jenderal Australia Surabaya, Ms Fiona Hoggart, usai kunjungan mengatakan banyak potensi yang bisa dijadikan sebagai obyek kerjasama, diantaranya pada bidang pariwisata, peternakan dan industrialisasi.

BACA JUGA :   Kisah Heroik Perempuan Kejar Begal Payudara

” Sangat banyak yang akan kita jadikan obyek kerjasama di wilayah jawa timur. terutama,  pada pengembangan obyek wisata dan peternakan “jelasnya. ( Roe /adv)






 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI