Peringati Hari Pendidikan Nasional 2022, Rembuk Komunitas Memperkuat Merdeka Belajar - Lentera Inspiratif

HOME // Nasional // Pendidikan

 

Peringati Hari Pendidikan Nasional 2022, Rembuk Komunitas Memperkuat Merdeka Belajar

  Selasa, 24 Mei 2022

Hari pendidikan nasional
Mendikbudristek, Nadiem Makarim

Lenterainspiratif.id | Jakarta – Demi memperkuat dan mendukung implementasi program Merdeka dalam terwujudnya sumber daya manusia Indonesia unggul, Komunitas Kami Pengajar, Komunitas Pemuda Pelajar Merdeka, bersama Komunitas Sidina, menggelar Rembuk Komunitas bertemakan “Bergerak Bersama Berdaya Bersama” yang diselenggarakan pada Selasa, (24/05/2022). Forum diskusi ini menjadi salah satu rangkaian dari perayaan Hari Pendidikan Nasional 2022.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim dalam rilis yang di terima awak media, menyampaikan program Merdeka Belajar merupakan landasan demi terciptanya transformasi pendidikan Indonesia guna menghasilkan generasi Indonesia yang unggul. Dukungan yang diberikan oleh perwakilan forum guru, mahasiswa, dan orang tua terhadap program Merdeka Belajar melalui Rembuk Komunitas ini akan semakin mempercepat transformasi kualitas pendidikan nasional menuju masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.

“Rembuk Komunitas menunjukkan semangat gotong-royong dari para pemangku kepentingan dalam mendukung dan memastikan kelancaran penerapan program Merdeka belajar di seluruh lingkungan pendidikan nasional. Semangat gotong-royong ini harus terus dijaga dan semakin diperluas dengan melibatkan semua kalangan agar upaya dalam peningkatan mutu pendidikan akan terwujud di masa depan,” kata Menteri Nadiem dalam sambutannya.

BACA JUGA :   Pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 Diberangkatkan, Ning Ita Bangga Kota Mojokerto Dua Kali Dilibatkan

Menteri Nadiem mengatakan program Merdeka Belajar dihadirkan pemerintah agar seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan hak akan pendidikan berkualitas. Program ini bersumber dari pemikiran Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional, yang fokus pada asas kemerdekaan dalam menerapkan materi esensial dan fleksibel sesuai dengan minat, kebutuhan, serta karakteristik dari peserta didik. Melalui Merdeka Belajar, peran pendidik juga diperkuat untuk merancang metode pembelajaran berbasis proyek untuk memacu kreativitas peserta didik.

“Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia harus dilakukan secara komprehensif, berkelanjutan, dan menyeluruh, serta tidak hanya fokus pada satu jenjang saja tetapi menyentuh semua peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, maupun orang tua. Kami percaya terobosan ini akan menciptakan lompatan perubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan nasional,” ujar Menteri Nadiem. (TT).






 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI