Aksi Tolak Tambang, Warga Blitar Bentang Banner Hingga Gerunduk Kantor Desa - Lentera Inspiratif

HOME // Jawa Timur // Peristiwa

 

Aksi Tolak Tambang, Warga Blitar Bentang Banner Hingga Gerunduk Kantor Desa

  Minggu, 22 Mei 2022

Aksi protes tambang

Lenterainspiratif.id | Blitar – Aktifitas pertambangan yang berada di Desa Kedawung, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar membuat warga resah. Pasalnya suara bising keluar-masuk truk pengangkut pasir dan akses jalan juga banyak yang rusak.

Menurut pengakuan warga penambangan pasir di sepanjang sungai aliran lahar Gunung Kelud ini sudah ada sejak lama. Namun ketidaknyamanan itu mereka kesampingkan. Sebab, sebagian warga juga menggantungkan hidup dari penambangan.

Konflik itu timbul saat seorang warga RT 5 RW 8 menjual pasir di lahan pekarangannya. Padahal, warga setempat sudah membuat konsensus bersama, bahwa aktivitas penambangan tidak boleh dilakukan di areal permukiman.

“Kami itu sudah lama sepakat, pokok tambang di tanah yang kena pajak enggak boleh. Lha ini ada warga mulai menjual pasir di lahannya yang kena pajak. Kalau dibiarkan iso mrantak (melebar) ke permukiman,” kata warga setempat, Endang Wikanti, Minggu (22/5/2022).

BACA JUGA :   Pencurian Hewan Ternak di Blitar Kini Marak

Warga yang melayangkan aksi protes kemudian membentang banner yang di pasang di area tambang dekat permukiman. Karena hal itu diabaikan penambang warga pun akhirnya berbondong-bondong demo ke kantor desa setempat.

“Iya warga 2 hari lalu memang ke kantor desa. Karena mereka protes, penambangan di tanah pemajakan langsung dihentikan,” jawab Kepala Desa Kedawung Abdul Rahman.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI