Dikbud Kota Mojokerto Adakan Lomba APE - Lentera Inspiratif

HOME // Jawa Timur // Pendidikan

 

Dikbud Kota Mojokerto Adakan Lomba APE

  Sabtu, 21 Mei 2022

Lomba ape
suasana penilaian lomba APE bagi guru PAUD se-Kota Mojokerto

Lenterainspiratif.id | Mojokerto – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Mojokerto menggelar lomba Alat Permainan Edukasi (APE), Sabtu (21/5/2022). Event ini sekaligus memperingati Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022.

Acara ini digelar sebagai upaya Dikbud Kota Mojokerto untuk memfasilitasi lembaga Pendidikan Usia Dini (PAUD) Kota Mojokerto agar mampu beradaptasi di Era digitalisasi dan Literasi .

Amin Wachid Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Mojokerto saat dikonfirmasi menyampaikan, tujuan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan kreativitas guru PAUD. “Para guru PAUD diharapkan dapat memiliki kreativitas dalam memberikan materi ajar kepada peserta didiknya” tandas Amin.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan literasi numerasi pada anak-anak usia dini dengan pengenalan melalui alat permainan edukasi yang dibuat secara sederhana, dengan menggunakan bahan bekas. Dengan kreativitas guru PAUD alat tersebut bisa dipergunakan untuk model pembelajaran bagi anak-anak usia dini, lanjutnya.

BACA JUGA :   Soal Kerusakan di Pasar Gondanglegi, Malang, Begini Kata Polisi

Teknis dalam lomba ini mengedepankan kebersamaan, seperti yang dijelaskan oleh Goenawati Estiningdyah Kabid Paud dan Pendidikan Non Formal pada Dikbud Kota Mojokerto bahwa semua bahan disiapkan oleh peserta dengan terbagi masing-masing wilayah Kecamatan. Contohnya bekas botol air mineral ukuran kecil dan besar, kardus bekas dan kaleng bekas. Saat pelaksanaan lombapun dengan cara diundi sehingga setiap peserta harus siap menciptakan inovasi dan kreativitas sesuai dari bahan yang ada.

“ Hasil karya APE yang dinilai adalah APE untuk anak usia 2-4 tahun, mengandung nilai ekonomis layak jual, inovatif, kuat, tahan lama dan aman digunakan untuk Anak Usia Dini” terangnya.

Hasil penilaian yang betempat di ruang terbuka belakang kantor Dikbud Jl.Benteng Pancasila Kota Mojokerto, dewan juri menetapkan Juara 1 diraih KB Aulia , Juara 2 KB Aisyah 08, Juara 3 diraih TPA Ar Rosyid. Adapun Juara Harapan 1, 2 dan harapan 3 secara berurutan diraih oleh KB Seruni, KB Pelangi dam KB Darul Huda. (Roe/adv)

BACA JUGA :   TIK SMPN 4 Di Resmikan WaliKota Mojokerto





 



Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI