Waspada ! Penipu Berkedok Pawang PMK Berkeliaran di Bondowoso

HOME // Jawa Timur

 

Waspada ! Penipu Berkedok Pawang PMK Berkeliaran di Bondowoso

  Jumat, 13 Mei 2022

Pmk, Pawang, Bondowoso,
Gambar ilustrasi

Lenterainspiratif.id | Bondowoso – Warga Bondowoso akhir-akhir ini di buat resah dengan penipuan berkedok pawang Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Oknum tersebut, mengaku bisa menangani kesehatan sapi yang terkena wabah ini.

Alih-alih bisa menangani sapi yang terkena PMK oknum tersebut justru mengeruk keuntungan dengan meminta imbalan berupa sejumlah uang.

Oknum tersebut menjalankan aksinys dengan cara mendatangi warga yang memiliki hewan ternak. Mereka mengaku bisa mengatasi penyakit pada sapi dan kambing.

“Memang kami sinyalir ada orang yang mengaku bisa melayani penyakit pada hewan, terutama sapi dan kambing,” ungkap Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Bondowoso, DrH Cendy Herdiawan, Jumat (13/5/2022).

Menurutnya, Dinas Peternakan dan Perikanan Bondowoso sudah menerjunkan petugas yang sudah memiliki surat izin praktik dan terverifikasi.

Ditanya soal apakah oknum pawang PMK tersebut punya latar belakanga pendidikan tentang kesehatan hewan atau tidak, Cendy mengaku tidak tau.

BACA JUGA :   Merasa Kebal Hukum, Galian C Jatidukuh Milik Sulton Widi Akhirnya Dilaporkan Ke Polres Mojokerto

“Sehingga, orang yang tak memiliki izin praktik pelayanan kesehatan hewan tersebut bisa dianggap ilegal,” papar Cendy.

Salah seorang warga Maesan, Riski, mengaku pernah didatangi beberapa orang yang berpenampilan layaknya petugas. Mereka juga membawa pelatan lengkap dan mengaku bisa membuat hewan ternak sehat, terhindar dari wabah PMK.

“Mereka membawa peralatan lengkap, seperti petugas. Setelah itu minta imbalan. Banyak kok warga di sini yang didatangi,” pungkas Riski. (Suf)






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI