Gempa Tektonik 3,9 M Guncang Wilayah Sumenep - Lentera Inspiratif

HOME // Peristiwa

 

Gempa Tektonik 3,9 M Guncang Wilayah Sumenep

  Kamis, 12 Mei 2022

Gempa tektonik
Gempa tektonik terjadi di Sumenep

Lenterainspiratif.id | Sumenep – Gempa tektonik berkekuatan 3,9 M mengguncang wilayah Sumenep Kamis (12/05/2022) dini hari yakni sekitar pukul 00.43 WIB.

Berdasarkan data BMKG, gempa yang tidak berpotensi tsunami tersebut terjadi pada koordinat 6.89 LS dan 113.99 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 21 km Timur Laut Sumenep, pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala BMKG Kalianget, Sumenep, Usman Khalid mengatakan bahwa jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.

“Gempa itu paling terasa di wilayah Kecamatan Batuputih. Tapi sejauh ini kami belum menerima laporan adanya dampak kerusakan bangunan akibat gempa. Warga hanya sebatas merasakan adanya getaran,” katanya.

Hingga pukul 06:00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. “Jadi masyarakat tidak perlu panik. Jangan mudah terpengaruh isu-isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujarnya.

BACA JUGA :   Gara - Gara Miras, Perempuan 14 Tahun Jadi Korban Pemerkosaan

Salah satu warga Batuputih, Lastri, mengaku merasakan adanya gempa di rumahnya. Ia merasakan ada getaran sekitar 5 detik.

“Setelah 5 detik itu sudah tidak ada getaran. Kami sempat panik memang. Tapi Alhamdulillah, semua baik-baik saja sampai sekarang,” ucapnya.






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI