7 Sapi di Probolinggo Terdeteksi Penyakit Mulut dan Kuku - Lentera Inspiratif

HOME // Peristiwa

 

7 Sapi di Probolinggo Terdeteksi Penyakit Mulut dan Kuku

  Selasa, 10 Mei 2022

PMK, Penyakit Mulut dan Kuku, Probolinggo
Gambar ilustrasi

Lenterainspiratif.id | Probolinggo – Sebanyak tujuh sapi di Kabupaten Probolinggo terdeteksi Penyakit mulut dan kaki (PMK).

Medik Veteriner Muda Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo, drh. Novita Dwi Setyorini mengatakan, kasus PMK sapi ditemukan di Desa Pohsangit Ngisor, Kecamatan Wonomerto.

“Dari 8 ekor sapi milik salah satu peternak di desa itu setelah dilakukan pemeriksaan medis, 7 diantaranya positif terjangkit PMK,” katanya, Selasa (10/5/2022).

Selanjutnya, tim medis melakukan penanganan terhadap ketujuh sapi yang positif PMK tersebut. Sapi-sapi itu juga di karantina di kandang milik peternak.

“Yang positif sapi-sapinya sudah dipisahkan dengan sapi yang belum tertular,” jelasnya.

Dari keterengan pemilik 7 sapi yang terjangkit PMK peternak, ia membeli sapi sapi tersebut di pasar Wonoasih Kota Probolinggo kurang lebih 20 hari yang lalu.

“Setelah seminggu yang lalu atau kurang lebih 2 minggu di kandang milik peternak, sapi sapi menunjukkan gejala sakit yaitu deman, tidak mau makan, ileran dan kaki ada luka” serta bengkak,” jelasnya.

BACA JUGA :   Angin Puting Beliung Terjang Wilayah Bojonegoro Bikin Panik Warga

Lanjut Novita, karena tidak mau makan serta pakan tidak habis, sisa pakan dari sapi tersebut diberikan ke sapi lain, keesokan harinya sapi lain ikut sakit.

“Jadi gejala klinis PMK itu diketahui dari demam, moncong bengkak, kemerahan, hipersalivasi (liuren), kaki bengkak Dan luka di sekitar sela kuku, lesi pada gusi dan lidah, muntah, anorexia,” jelasnya. (Suf)






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI