Wabah PMK di Mojokerto Naik Drastis, 408 Sapi Sudah Terjangkit - Lentera Inspiratif

HOME // Jawa Timur // Peristiwa

 

Wabah PMK di Mojokerto Naik Drastis, 408 Sapi Sudah Terjangkit

  Senin, 9 Mei 2022

PMK, Mojokerto, Sapi, Ternak,
Sapi di Mojokerto yang diduga terjangkit PMK

Lenterainspiratif.id | Mojokerto – Wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkit ternak sapi di Mojokerto naik drastis.

Kabid Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Drh Agus Harjito menyebut, tingkat penularan wabah ini terbilang cukup tinggi. Saat ini (9/5/2022), sapi yang sudah terjangkit penyakit ini mencapai 408 ekor di 15 kecamatan dan 45 desa. Padahal, dalam laporan pada 8 Mei 2022 masih di angka 320 ekor dari 13 kecamatan dan 33 desa.

“Tingkat penularannya tinggi mencapai 90-100 persen,” ucapnya.

Berbagai langkah dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, salah satunya dengan memberlakukan lockdown di sejumlah pasar hewan.

“Agar bisa menekan penyebaran wabah ini. Jadi penangannya seperti Covid-19,” jelasnya.

Dinas Pertanian juga mengencarkan desinfeksi di spot penting dan penyuluhan melalui program KIE (komunikasi, informasi dan edukasi).

BACA JUGA :   Polisi Berhasil Menangkap Pelaku Pencuri Handphone di Blitar

Menurut Agus, PMK ini memang menjadi atensi bagi pemerintah. Dirinya juga menganggap bahwa wabah ini menyerupai covid versi sapi.

“Ya, (PMK) menjadi atensi pemerintah. Bisa dibilang Covid-19 di dunia ternak sapi,” ucapnya.

Meski begitu, Agus menjelaskan jika virus ini tidak mematikan. Dirinya juga menyebut, angka kematian sapi yang terjangkit wabah ini cenderung rendah. “Angka kematian 1-5 persen sehingga angka kesembuhan sekitar 95 persen. Karena PMK pada ternak sapi dapat sembuh jika diobati,” jelas Agus.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI