SH Winongo Berdiri Tahun 1903 Atau 1965 - Lentera Inspiratif

HOME // Budaya // Jawa Timur

 

SH Winongo Berdiri Tahun 1903 Atau 1965

  Kamis, 5 Mei 2022

SH Winongo Berdiri Tahun 1903 Atau 1965
Ki Ngabehi Surodiwiryo

Lenterainspiratif.id – Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo Madiun atau SH Winongo 1903 dengan sebutan lain Sedulur Tunggal Kecer (STK ), Sedulur Tunggal Banyu ( STB). SH pertama kali berdiri dikampung Tambak Gringsing, Surabaya dengan pendiri Ki Ngabehi Soerodwirjo atau eyang suro dengan seni pencak silatnya Joyo Gendhilo Cipto Mulyo Mangun Mardi Harjo.

Eyang Suro memiliki nama kecil yaitu Raden Muhammad Masdan. SH pertama kali memiliki 8 murid didahului oleh 2 saudara yaitu Noto/Gunadi (adik kandung eyang suro) dan Kenevel berkebangsaan Belanda.

Organisasi itu mendapat hati di kalangan masyarakat pada tahun 1917 setelah melakukan demonstrasi pencak silat terbuka di alun alun kota Madiun dan menjadi populer di masyarakat karena memiliki gerakan unik penuh seni dan bertenaga. Pada tahun 1917 eyang suro mengganti nama STK menjadi Persaudaraan Setia Hati.

BACA JUGA :   PSHW Mojokerto Dukung Penuh Deklarasi Damai Perguruan Silat Di Bumi Majapahit

Sayangnya pada tahun 1964, SH mengalami kemunduran dan tidak begitu aktif, hal itu disebabkan keadaan yang sebagian besar saudara saudara SH mayoritas sudah lanjut usia, ditambah lagi dengan semakin kurangnya penerimaan saudara baru lalu diperparah dengan saudara SH banyak yang sudah meninggal dunia.

Jika keadaan yg demikian dibiarkan terus-menerus maka SH lambat laun akan mengalami kepunahan.

Laman: 123






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI