Hati-hati Investasi Bodong, Inilah Cara Mengantisipasinya - Lentera Inspiratif

HOME // domainesia // Tips

 

Hati-hati Investasi Bodong, Inilah Cara Mengantisipasinya

  Rabu, 4 Mei 2022

Hati-hati Investasi Bodong, Inilah Cara Mengantisipasinya
Ilustrasi

Lenterainspiratif.id – Meningkatkan minat masyarakat untuk berinvestasi kadang sering dimanfaatkan oleh para pelaku penipuan berkedok investasi, atau yang biasa disebut dengan investasi bodong. Investasi memang menjadi cara yang banyak dipilih masyarakat untuk mengatasi laju inflasi mata uang.

 

Pastinya para investor atau calon investor menginginkan hasil keuntungan yang besar saat berinvestasi. Banyak yang memilih investasi saham dengan menggunakan broker. Sebenarnya banyak cara selain investasi atau trading untuk meraih keuntungan. Misalnya dengan menggunakan modal untuk mendirikan usaha sendiri. Ada juga yang meraih keuntungan dengan bermain di situs w88, dan masih banyak lagi pilihan untuk membuat uang Anda lebih produktif daripada ditabung saja.

 

Namun jika Anda memang berniat untuk berinvestasi, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini. Jangan sampai salah langkah dan menghabiskan dana Anda untuk investasi bodong.

 

Waspadai Modus Keuntungan Besar Dalam Waktu Singkat

BACA JUGA :   Kapolri Minta Forkopimda dan FKUB Siapkan Strategi Vaksinasi di Bulan Ramadan

Investasi bodong memang sering terjadi dan telah memakai berbagai macam modus. Namun pada umumnya, investasi bodong akan menawarkan keuntungan yang besar dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini memang menggoda bagi para calon investor. Perlu diketahui bahwa salah satu prinsip investasi adalah high risk, high return. Artinya, dalam keuntungan yang tinggi akan terdapat resiko rugi yang tinggi pula. Perlu diketahui juga bahwa dalam investasi, keuntungan tidak dapat dinikmati dalam waktu singkat.

Manfaat dari investasi biasanya dapat dinikmati dalam kurun waktu yang cukup lama, biasanya di atas 3 tahun. Karena itu, jika ada pihak yang menawarkan investasi dengan keuntungan yang menggiurkan dan dapat diterima dalam waktu yang cepat, sebaiknya berhati-hati dan waspadai.

Pahami Segala Hal Tentang Investasi

Maraknya kasus penipuan berkedok investasi tidak hanya disebabkan oleh para pelaku yang ingin memanfaatkan orang lain untuk memperoleh keuntungannya sendiri. Namun maraknya penipuan investasi juga disebabkan tingginya minat masyarakat untuk menginvestasikan uangnya, tetapi tidak disertai dengan pengetahuan yang cukup mengenai investasi.

BACA JUGA :   Dalang Investasi Bodong di Bojonegoro Akhirnya Resmi Jadi Tersangka

Hasilnya, dengan iming-iming keuntungan tinggi dalam waktu singkat, banyak yang tergoda meskipun belum tahu betul mengenai bagaimana investasi tersebut. Karena itu, sebaiknya hati-hati terhadap investasi yang belum dipahami. Banyak investor senior yang juga tertipu oleh investasi bodong karena tergoda dengan kedok investasi digital atau modern dengan robot.

Data menunjukkan bahwa hanya 2,5% penduduk Indonesia yang paham mengenai investasi trading dan pasar modal. Hal ini membuat masyarakat mudah tergoda dengan penipuan berkedok investasi. Sebaiknya luangkan waktu untuk mempelajari investasi yang ditawarkan. Pahami teknisnya, resiko, dan sebagainya.

Waspadai Sistem Member Get Member

Banyak tawaran investasi yang memakai testimoni member yang sudah mendapat untung banyak untuk menarik para investor baru. Namun biasanya hal ini dilakukan oleh sistem investasi member get member, yaitu member akan memperoleh keuntungan saat ada member baru yang bergabung. Saat melihat testimoni tentu saja menggiurkan. Namun ingat bahwa member yang telah menikmati keuntungan besar adalah member yang lama, dan biasanya mereka akan membela sistem investasi ini secara mati-matian.

BACA JUGA :   Inacraft 2022, Mendag: Tetaplah Tangguh di Tengah Pandemi

Selidiki Sebelum Memutuskan

Saat ada yang menawarkan investasi, jangan dulu tergoda oleh testimoni, atau iming-iming profit yang besar. Jangan langsung percaya meskipun yang menawarkan adalah teman dekat atau saudara. Lakukan riset dengan melakukan pecarian di internet dengan menggunakan kata kunci berupa nama investasi yang ditawarkan. Pahami bagaimana ijin dan regulasi yang dimiliki investasi ini. Hasil pencarian internet juga bisa menunjukkan review negatif jika ada. ( tim)






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI