Waspada ! 10 Aplikasi Ini Bisa Curi Data Pribadi Kamu - Lentera Inspiratif

HOME // Teknologi

 

Waspada ! 10 Aplikasi Ini Bisa Curi Data Pribadi Kamu

  Sabtu, 16 April 2022

Ilustrasi

Lenterainspiratif.id | Teknologi – Sejumlah aplikasi adzan dan salat disebut dapat mencuri data pribadi penggunanya, hak itu disampaikan oleh Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri. Melalui akun Instagram @CCICPolri, masyarakat dihimbau agar selalu berhati-hati dalam menggunakan aplikasi.

Bahkan menurut pihak Siber Polri, ada aplikasi yang telah diunduh sebanyak 10 juta pengguna. “Sobat Siber, waspada akan modus pencurian data pribadi berkedok aplikasi salat dan azan. Aplikasi tsb telah banyak diunduh di Play Store,” tulis akun @CCICPolri, dikutip Kamis (14/4/2022).

Siber Polri menjelaskan, aplikasi-aplikasi berbahaya yang dapat diunduh secara mudah di play store itu akan mencuri data krusial korban, data itu dapat salahgunakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

“Sebuah analisis melaporkan tentang serangkaian aplikasi yang tersedia di Google Play Store, yang mengumpulkan data sensitif pengguna dan telah diunduh lebih dari 45 juta pemasangan aplikasi,” kata Siber Polri.

BACA JUGA :   Pemkab Mojokerto Launching E-SPPT PBB-P2 Buku IV & V

“Data para pengguna tersebut berpotensi disalahgunakan yang signifikan akibat dari keamanan server/database yang buruk”.

Aplikasi itu dikabarkan mencuri data lewat pengembangan perangkat lunak (SDK) pihak ketiga. Ini mencakup kemampuan menangkap konten clipboard, data GPS, alamat email dan alamat MAC router modem pengguna serta SSID jaringan.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI