Kisah Umar Bin Khattab yang Selalu Berdzikir pada Allah SWT Demi Hajat Rakyatnya - Lentera Inspiratif

HOME // Budaya // Pendidikan

 

Kisah Umar Bin Khattab yang Selalu Berdzikir pada Allah SWT Demi Hajat Rakyatnya

  Sabtu, 16 April 2022

Gambar Ilustrasi

Lenterainspiratif.id | Sejarah – Umar bin Khattab adalah salah satu dari khalifah yakni orang yang dipercaya oleh umat Islam sebagai penerus kepemimpinan Nabi Muhammad setelah beliau wafat.

Umar yang memulai masa kepemimpinannya pada tahun 634 M setelah masa kekhalifahan Abu Bakar Ash Shiddiq berakhir. Ia dikenal sebagai sosok pemimpin yang rajin beribadah demi hajat rakyatnya. Beberapa kali disaksikan Jenderal Suku Kindah Mu’awiyah bin Khudayj, Umar kerap terjaga tiap siang dan malam.

Pada suatu hari, Mu’awiyah bin Khudayj mendatangi Umar pada waktu Zuhur. Kemudian Umar pun berkata padanya,

“Sungguh celaka ucapanku, atau sungguh celaka prasangkaku. Jika aku tidur siang hari, aku telah menyia-nyiakan amanah rakyatku. Jika aku tidur siang hari, aku telah menyia-nyiakan kesempatanku dengan Tuhanku. Bagaimana aku bisa tidur di kedua waktu ini, wahai Mu’awiyah?”

BACA JUGA :   Sejumlah Sekolah di Surabaya Siap Masuki New Normal

Mu’awiyah pun kemudian melihat keadaan Umar yang terlihat sangat kelelahan dan mengantuk dalam duduknya. Kemudian ia yang tidak tega bertanya, “Tidakkah kau tidur, wahai Amirul Mukminin?”

Umar kemudian menjawab”Bagaimana mungkin aku bisa memejamkan mataku? Jika aku tidur di waktu malam, aku akan menyia-nyiakan kesempatanku dengan Allah.”

Selain Mu’awiyah, seorang tetangga Umar juga mengatakan hal serupa. Ia menjelaskan, Umar diketahui merelakan waktu tidurnya untuk hajat rakyatnya, dan juga untuk beribadah pada Allah SWT.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI