Tuntut Randy 3,5 Tahun Penjara, Tim Advokasi Novia Menganggap Jaksa Lukai Hati Keluarga Korban - Lentera Inspiratif

HOME // Daerah // Hukum

 

Tuntut Randy 3,5 Tahun Penjara, Tim Advokasi Novia Menganggap Jaksa Lukai Hati Keluarga Korban

  Kamis, 14 April 2022

Tim advokasi Novia
Randy Bagus Sasongko dalam persidangan pada, Selasa (12/4/2022)

Lenterainspiratif.id | Mojokerto – Tim Advokasi Keadilan untuk Novia meniai Jaksa Penuntut Umum (JPU) gagal memenuhi keadilan untuk korban. Tak hanya itu, bahkan JPU juga dianggap telah melukai hati keluarga korban dengan mengatakan tuntutan kepada Randy Bagus Sasongko dengan pidana penjara 3 tahun 6 bulan sudah maksimal.

Kordinator Tim Advokasi Keadilan untuk Novia, Yenny Eta Widyanti mengatakan jika tindakan Jaksa Penuntut Umum dalam menyusun dan mengkontruksi dakwaan serta tuntutan yang secara vulgar dan terang-terangan menjelaskan tentang bagaimana pengalaman seksual korban sangat menyakiti hati keluarga, kerabat serta masyarakat luas.
“Ini menunjukan bahwa Jaksa Penuntut Umum telah tertutup hati nuraninya,” ucap Yeny dalam keterangan tertulis yang diterima lenterainspiratif.id, Rabu (13/4/2022).

Tidak hanya itu, Tim advokasi juga beranggapan jika Jaksa Penuntut Umum sebagai Penegak Hukum juga telah menyakiti nurani dan Psikologis keluarga serta kerabat korban dengan mengatakan secara terang-terangan Tuntutan yang diajukan tersebut telah maksimal dengan dikurangi 1/3 dari ancaman maksimal hukuman yang diatur dalam Pasal 348 ayat (1) KUHP.

BACA JUGA :   PEMDA PULAU MOROTAI GELAR ACARA RESEPSI KENEGARAAN

“Selain itu Jaksa Penuntut Umum tidak memiliki perspektif perlindungan terhadap perempuan dan tidak melihat adanya ketimpangan relasi kuasa antara korban dan terdakwa dengan tidak mengurai bagaimana latar belakang yang menyebabkan korban rela melakukan aborsi hingga memutuskan untuk bunuh diri dengan meminum racun,” tuturnya.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI