Kisah Legenda Dibalik Megahnya Candi Prambanan - Lentera Inspiratif

HOME // Budaya

 

Kisah Legenda Dibalik Megahnya Candi Prambanan

  Kamis, 14 April 2022

Candi prambanan
Candi Prambanan

Lenterainspiratif.id | Sejarah – Candi Prambanan merupakan salah satu candi yang menjadi tujuan wisata saat berkunjung ke Yogyakarta atau ke Jawa Tengah. Candi Prambanan terletak di perbatasan antara Jawa tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Candi ini juga kerap dijuluki sebagai candi Roro Jonggrang, julukan itu tak lepas dari kisah dibalik berdirinya candi tersebut. Bermula saat
Roro Jonggrang yang merupakan putri Raja Boko hendak dinikahi oleh Bandung Bondowoso, seorang lelaki perkasa Putra Raja Pengging.

Roro Jonggrang yang tidak mencintai Bandung berusaha menolak pinangan itu dengan memberikan syarat agar dibuatkan seribu candi dalam satu malam. Bandung yang sakti mandraguna pun mengiyakan syarat itu.

Menjelang pagi Bandung hampir menyelesaikan tugasnya, Roro Jonggrang yang panik kemudian berusaha menggagalkan usaha Bandung dengan cara mengerahkan para wanita desa untuk membakar jerami dan menumbuk padi sehingga suasananya berubah seperti pagi hari.

BACA JUGA :   Terungkap Candi Bajang Ratu Memiliki Tiga Versi Sejarah

Mengira tenggat waktunya telah berakhir, semua kekuatan supranatural yang membantu Bandung berlarian. Tak ayal, pekerjaan yang nyaris selesai akhirnya terbengkalai. Kegagalan ini tentu saja membuat Bandung murka. Dan karena tidak dapat menahan amarahnya, Bandung mengutuk Roro Jonggrang menjadi salah satu patung yang ada di Candi Prambanan.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI