Serius Minta Ayu WTR Dipidana, Tim Advokasi Novia Surati Kejati dan Kejari - Lentera Inspiratif

HOME // Hukum // Kriminal

 

Serius Minta Ayu WTR Dipidana, Tim Advokasi Novia Surati Kejati dan Kejari

  Rabu, 13 April 2022

Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur

Lenterainspiratif.id, Mojokerto – Dugaan kesaksian palsu yang dilontarkan Wahyu Triani dalam sidang perkara aborsi dengan terdakwa Randy Bagus Sasongko (21) disikapi secara serius oleh Tim Advokasi Keadilan untuk Novia. Saat ini, Tim Advokasi telah melayangkan surat kepada Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Mojokerto agar perempuan yang akrab disapa Ayu WTR agar dipidana.

Kordinator Tim Advokasi Keadilan untuk Novia, Yenny Eta Widyanti mengatakan, tujuan pihaknyanya mengirimkan surat tersebut agar Kepala Kejati Jawa Timur dan Kejari Kabupaten Mojokerto dapat memerintahkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk memproses secara pidana dugaan pemberian keterangan palsu yang disampaikan oleh Ayu Wtr dalam sidang sebelumnya.

“Keyakinan kami jika kesaksian yang disampaikan oleh saksi Wahyu Triantini atau Ayu Wtr adalah keterangan palsu,” ucapnya.

Bagi Tim Advokasi, pemberian keterangan palsu dalam persidangan tidak semata-mata melanggar ketentuan pasal pidana, namun juga merupakan tindakan obstruction of justice yakni tindakan menghalang-halangi proses hukum dan menghina pengadilan.

BACA JUGA :   Keren, Kota Mojokerto Jadi Satu-satunya Daerah Yang Miliki Rumah Restorative Justice Seratus Persen

“Tindakan ini merupakan aksi terbuka yang menyerang secara langsung upaya agar proses hukum dapat menghadirkan keadilan bagi Novia, keluarga dan masyarakat umum, yang karenanya tindakan ini tidak dapat dibiarkan,” jelas Yeny.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI