Sejarah Reog Ponorogo Yang Diklaim Milik Malaysia - Lentera Inspiratif

HOME // Budaya // Daerah

 

Sejarah Reog Ponorogo Yang Diklaim Milik Malaysia

  Rabu, 13 April 2022

Sejarah Reog Ponorogo Yang Diklaim Milik Malaysia
Reog ponorogo

Lenterainspiratif.id | Sejarah – Mengenal sejarah Reog Ponorogo yang diklaim oleh Malaysia dan akan didaftarkan ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO). Dikutip dari buku “Mengenal Kesenian Nasional 5 Reog” karya Kustopo, Reog dahulunya merupakan kisah seorang raja asal Kerajaan Bantarangin yang sekarang dikenal sebagai kota Ponorogo, bernama Kelana Suwandana.

Dikisahkan, Kelana berniat meminang seorang putri nan cantik jelita dari Kerajaan Kediri yang bernama Dewi Ragil Kuning yang memiliki julukan Putri Sanggalangit.

Ketika dalam perjalanan, Kelana dicegat oleh Raja Kediri yang bernama Singabarong, dengan pasukan bala tentaranya yang terdiri dari burung dan singa. Namun Raja Kelana yang saat itu dikawal oleh warok dan didampingi oleh wakilnya, Bujanganom tak gentar dengan ancaman Singobarong.

Kedua kerajaan yang sama-sama memiliki kekuatan besar itu pun terlibat adu kesaktian. Bahkan pertarungan terjadi hingga beberapa hari dan tidak ada yang menang. Mereka akhirnya berdamai karena kekuatannya habis.

BACA JUGA :   Tiga Agenda Majapahit Hadapi Serangan Balik Kerajaan Kediri

Akhirnya Raja Kediri menerima lamaran Raja Bantarangin yang melamar putrinya. Pada saat kedua mempelai menikah, pasukan merak dan singa serta warok mengadakan atraksi sebagai sebuah tontonan.

Kisah peperangan antara merak dan singa, melawan warok kemudian dijadikan sebuah pertunjukan seni bernama Reog. Pertunjukan itu menampilkan tarian yang mengisahkan peperangan antara Kerajaan Kediri dan Kerajaan Bantarangin atau Ponorogo.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI