Sakit Gigi Saat Sedang Menjalankan Ibadah Puasa ? Simak, Ini Penjelasan Dokter Gigi - Lentera Inspiratif

HOME // Tips

 

Sakit Gigi Saat Sedang Menjalankan Ibadah Puasa ? Simak, Ini Penjelasan Dokter Gigi

  Rabu, 13 April 2022

Sakit Gigi Saat Sedang Menjalankan Ibadah Puasa ? Simak, Ini Penjelasan Dokter Gigi
Ilustrasi

Lenterainspiratif.id | Tips Sehat – Beberapa orang menganggap puasa menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami sakit gigi. Namun ternyata anggapan itu tidaklah benar. Dokter gigi dari klinik Aesthetic Pondok Indah drg Yulita Dora mengatakan puasa tidak meningkatkan risiko sakit gigi, terlebih jika seseorang rutin menjaga kebersihan mulut dan gigi sebelum memasuki bulan Ramadan

Anggapan puasa dapat menyebabkan sakit gigi dikarenakan asam mulut meningkat saat sedang berpuasa. Namun hal itu sekali lagi tidak lah benar, asam mulut yang dapat membuat gigi berlubang dipicu oleh cara menyikat gigi yang salah.

“Gigi berlubang itu kan kalau hyginenya buruk, misalnya memang udah nggak pernah kontrol, scaling, itu bisa berlubang. Kalau saat puasa kondisi giginya bersih, nggak mungkin pas lebaran gigi jadi berlubang atau sakit,” beber dokter yang akrab disapa Dora itu, Senin (11/4/2022).

BACA JUGA :   Lada Hitam Tak Hanya Untuk Masak Lho, Ini Dia 5 Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu hal yang meningkatkan risiko sakit gigi saat berpuasa ketika jika terlalu banyak makan makanan manis. Makanan manis yang berlebihan dapat menyebabkan sakit gigi saat puasa. Oleh karena itu dianjurkan menyikat gigi dengan benar setelah sahur dan berbuka puasa.

“Makanan manis kan suka nempel tuh ke permukaan gigi, jadi ketika kita berpuasa, bukan cuma bikin bau, tapi bisa bikin gigi sakit,” kata dr Dora.

Meski sedang berpuasa, dr Dora menyarankan agar kita tetap secara rutin memeriksakan kesehatan gigi.

“Kalau gigi dalam keadaan sehat, ketika puasa tidak akan membuat gigi berlubang atau sakit,” pungkas dr Dora. ( Tim)






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI