Cara Mengatasi Keluhan Tubuh Saat Puasa Ramadhan - Lentera Inspiratif

HOME // Tips

 

Cara Mengatasi Keluhan Tubuh Saat Puasa Ramadhan

  Senin, 11 April 2022

Ilustrasi

Lenterainspiratif.id | Tips Sehat – Selama menjalankan ibadah puasa tubuh kita akan mengalami banyak perubahan yang menimbulkan sejumlah keluhan. Hal itu dikarenakan banyaknya perubahan dalam rutinitas sehari-hari, mulai dari rutinitas tidur hingga pola makan.

Dengan adanya perubahan ini, maka tubuh membutuhkan proses adaptasi. Sehingga seringkali mengalami beberapa masalah yang mulai timbul.

1. Merasa lapar
Rasa lapar adalah efek pertama yang jelas terasa begitu berpuasa Ramadan. Kunci untuk mengatasi masalah ini adalah memahami bagaimana perasaan lapar datang dan pergi saat puasa.

Mayoritas orang mengatakan, bahwa mereka sudah mulai terbiasa dengan rasa lapar setelah berpuasa beberapa hari. Agar bisa menjalani ibadah puasa Ramadan dengan baik, kamu dapat mengatasi lapar dengan mengukur seberapa banyak makanan yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur.

Menyibukkan diri dan mengacuhkan segala bentuk godaan juga dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi rasa lapar ketika sedang berpuasa.

BACA JUGA :   Ini Tips Sukses Lulus Tes SKD CPNS

2. Kelelahan Fisik dan Kurang Fokus
Menjalani puasa Ramadan bukan berarti libur dalam menjalankan segala aktivitas atau pekerjaan. Tak heran kamu merasa lemas saat menjalani aktivitas dan pekerjaan mengingat sedang berpuasa dan tak ada asupan gizi yang berperan sebagai energi. Kurang istirahat atau terlalu lelah dapat membuat tubuh lemas saat menjalankan puasa Ramadan. Jika tubuh lemas maka pikiran pun akan sulit untuk berkonsentrasi.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI