Tak Kenal Takut, Ancaman Inggris pun Dianggap Angin Lalu oleh Pemuda Bandung - Lentera Inspiratif

HOME // Budaya

 

Tak Kenal Takut, Ancaman Inggris pun Dianggap Angin Lalu oleh Pemuda Bandung

  Sabtu, 9 April 2022

Potret para pemuda bandung saat berpatroli

Lenterainspiratif.id | Sejarah – Pada masa penjajahan Inggris di Bandung, para pemuda Bandung yang tak kenal rasa takut dinilai sebagai biang kekacauan. Inggris yang merasa terdesak kemudian menyebarkan selebaran berisi ancaman.

Selebaran berisi ancaman itu disebarkan pada Hari ke-23 bulan Maret, 1946 dengan sebuah pesawat dakota Inggris. Pada awalnya, pesawat yang berputar-putar diatas langit Bandung itu diduga akan menjatuhkan bom. Namun, Alih-alih menjatuhkan bom, dakota tersebut malah menyebarkan ribuan kertas yang berisi ancaman militer Inggris agar Bandung bagian selatan secepatnya dikosongkan dari unsur-unsur kaum bersenjata dalam waktu 24 jam.

Bukannya takut dengan ancaman tersebut, para pemuda Bandung justru pasang badan dan tak gentar memerangi para penjajah. Selang beberapa jam usai tersebarnya kertas ancaman itu, para pemuda berkumpul berbagai sudut kota untuk melakukan perlawanan.

Begitu sampai ke Bandung pada 17 Oktober 1945, Brigade Infanteri India ke-37 pimpinan Brigadir N. MacDonald sejatinya sudah ketar-ketir. Berbeda dengan orang-orang Burma, Malaysia dan Singapura, masyarakat Indonesia memandang kehadiran mereka dengan sikap dingin saja.

BACA JUGA :   Kasus Investasi Bodong PT RHS Dinilai Macet, Kuasa Hukum Sarankan Supervisi Saja ke Polda Jatim

“Kami datang ke Jawa yang tengah bermasalah, ibarat memasuki sebuah gedung mesiu…,” ungkap Letnan Kolonel A.J.F. Doulton dalam The Fighting Cock: The Story of 23RD Indian Division.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI