Dua senjata rahasia Walisongo yang membuat pasukan Majapahit kocar-kacir - Lentera Inspiratif

HOME // Budaya

 

Dua senjata rahasia Walisongo yang membuat pasukan Majapahit kocar-kacir

  Kamis, 7 April 2022

Wali songo
Gambar ilustrasi

Lenterainspiratif.id | Sejarah – Kehadiran Wali Songo di tanah Jawa sempat membuat resah para petinggi di Kerajaan Majapahit, serangan demi serangan pun kerap dilakukan oleh para Kerajaan Majapahit terhadap Wali Songo.

Salah satunya adalah serangan terhadap Sunan Giri dan Sunan Gunung Jati Cirebon. Serangan itu terjadi saat Wali Songo tengah berupaya mengislamkan berbagai bupati dan pemimpin di beberapa wilayah di Pulau Jawa. Dari berbagai bupati itu hanya raja Majapahit Prabu Brawijaya dan adipati Kelungkung yang konon menolak masuk islam.

Pemberontakan pun terjadi, dimana tentara Majapahit yang dipimpin oleh Gajah Mada, Adipati Terung, dan Dayaningrat, dari Pengging saling serang dengan pasukan Demak yang dipimpin Raden Iman dan di dukung oleh kesembilan wali.

Seluruh Wali atau Sunan mengirimkan putranya ke medan perang. Namun dari sembilan, hanya Sunan Kudus-lah yang turun langsung untuk ikut berperang.

BACA JUGA :   Layak Dikunjungi, Makam Para Raden dan Pahlawan Nasional di Kota Mojokerto

Para wali yang selalu menggunakan karomah atau kesaktiannya untuk berdakwah Islam di Pulau Jawa pun menggunakan kesaktiannya untuk menaklukkan Majapahit. Selain itu mereka juga menggunakan senjata andalan mereka.

Sunan Giri menyerahkan keris makripat kepada Raden Iman sedangkan Sunan Gunung Jati Cirebon memberikan badong. Kedua benda ini konon memiliki kesaktian yang luar biasa, yang membuat para musuhnya kalang kabut Keris makripat misalnya, jika dihunus konon akan menimbulkan angin ribut, hujan badai, sedangkan badong milik Sunan Gunung Jati dapat mengerahkan para tikus.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI