Apa Hukum Mimpi Basah Saat Puasa ? Ini Jawabannya - Lentera Inspiratif

HOME // Tips

 

Apa Hukum Mimpi Basah Saat Puasa ? Ini Jawabannya

  Selasa, 5 April 2022

Mimpi basah
Gambar ilustrasi

Lenterainspiratif.id | Tips Puasa – Saat kita menjalani ibadah berpuasa, kita dituntut untuk menahan segala bentuk hawa nafsu, baik menahan amarah, makan dan minum, bahkan hingga bersenggama meskipun sengan pasangan kita yang sah dan keluar air mani, semisal mimpi basah.

Namun muncul sebuah pertanyaan, bagaimana hukumnya jika kita mimpi basah ketika puasa?

Mimpi basah sendiri ialah situasi dimana laki-laki atau pria bermimpi sedang bersenggama atau tidak sama sekali, yang kemudian menyebabkan ia tak sengaja keluar air mani.

Karena air mani tersebut keluar secara tidak disengaja, apakah hal demikian membatalkan puasa?

Mengutip penjelasan dari laman NU Jatim di situs jatim.nu.or.id pada 3 April 2022, dikatakan bahwa mimpi basah yang terjadi pada siang hari dan menyebabkan keluar air mani ialah tidak membatalkan puasa.

Hal itu sebagaimana dikutip oleh NU Jatim dari fatwa Syekh Ali Jumah, yang merupakan ulama besar dari Universitas Al Azhar, Mesir bahwa mimpi basah siang hari di bulan Ramadan tidak membatalkan puasa seseorang.

BACA JUGA :   Jelang Ramadhan, Rutusan Botol Miras di Lamongan Diamankan

Syekh Ali Jumah mengatakan bahwa jika kita mimpi basah pada siang hari di bulan Ramadan, tidak ada kewajiban kita untuk mengganti utang puasa, dan puasa kita dilanjutkan sampai azan Maghrib.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI