Tingkatkan Kwalitas Wartawan PWI Jatim Gelar OKK - Lentera Inspiratif

HOME // Jawa Timur // Daerah

 

Tingkatkan Kwalitas Wartawan PWI Jatim Gelar OKK

  Senin, 14 Maret 2022

Tingkatkan Kwalitas Wartawan PWI Jatim Gelar OKK
PWI Jatim Saat Gelar OKK

Lenterainspiratif.Id | Mojokerto – Ratusan wartawan dari seluruh daerah di Jawa Timur (Jatim) mengikuti Orientasi Kewartawanan Dan Keorganisaaian (OKK) di Gedung Pers PWI Jatim jl. Taman apsari 15 – 17 Surabaya senin 14/03/2022 pukul 10.00 wib.

Acara yang digelar oleh PWI jatim dibuka secara langsung oleh ketum PWI Jatim Lutfil Hakim, dalam acara tersebut lutfil menjelaskan bahwa pada masa kepemimpinanya wartawan harus berkwalitas dan yang tergabung dalam PWI harus berbeda.

Lebih lanjut, lutfil juga menegaskan bahwa OKK merupakan syarat mutlak bagi wartawan untuk masuk dalam keorganisasian PWI, pasalnya dalam OKK peserta akan mendapatkan pemahaman tentang kode etik jurnalistik, perilaku wartawan,  penentuan berita dan lain sebagainya.

” Untuk menjadi wartawan berkwalitas dan  yang tergabung dalam PWI harus mengikuti OKK, karena hal itu sangatlah penting agar tak hanya sekedar menulis namun memahami kode etik jurnalistik, “jelasnya.

BACA JUGA :   Melalui Tim Penjaringan, DPC PBB Kota Ternate Gelar Penyampaian Visi Misi Balon Walikota dan Wakil Walikota Ternate 2020-2025

Selain itu, Machmud Suhermono Wakil Ketua Bidang Organisasi pada saat memberikan materi tentang regulasi hukum terkait pers menegaskan bahwa yang menjadi garis bawah saat menulis tentang berita, korban ataupun pelaku dibawah umur harus hati hati karena bisa berimbas ke tindak pidana.

” Jadi pelaku yang tidak boleh ditulis nama lengkapnya, alamat lengkapnya adalah anak dibawah umur atau dibawah 18 tahun, hal itu sesuai dengan peraturan dewan pers no 1 tahun 2009 tentang pedoman pemberitaan ramah anak, ” Tegasnya.

Ditempat yang sama, Joko Tetuko
Ketua Dewan Kehormatan PWI Jatim juga memberi arahan bahwa wartawan harus memegang kode etik jurnalistik dan perilaku wartawan agar selamat dunia akhirat.

Di sisi lain, Wahyu Kuncoro Wakil Ketua Bidang Pendidikan, memberikan arahan kepada ratusan peserta OKK  tentang bagaimana memilih berita yang baik dan berkwalitas.

BACA JUGA :   PSBB Sidoarjo Diperpanjang, Sosialiasi Harus Maksimal

” Wartawan harus memiliki tahapan dalam memproduksi berita  diantaranya menentukan nilai berita, penentuan nara sumber, penentuan struktur berita, bahasa dan akurasi, ” Jelasnya.

Patut diketahui Dalam OKK tersebut sejumlah wartawan juga dijelaskan bahwa PWI menerbitkan kartu keanggotaan yakni anggota muda, anggota biasa, anggota luar biasa dan anggota kehormatan. ( Roe)






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI