Banjir Luapan Waduk Pandan Rendam Rumah dan Puluhan Hektare Sawah - Lentera Inspiratif

HOME // Peristiwa

 

Banjir Luapan Waduk Pandan Rendam Rumah dan Puluhan Hektare Sawah

  Kamis, 10 Maret 2022

Waduk meluap
Banjir yang menggenangi pemukiman

Lenterainspiratif.id | Mojokerto – Banjir luapan Waduk Pandan menggenangi pemukiman warga di Dusun Dempol Lor, Desa Mojogebang Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Rabu (9/3/2022).

Genangan air yang masuk hingga ke pemukiman warga ini disebabkan karena waduk tidak mampu menampung debit air setelah terjadi hujan lebat.

Selain itu, luberan Waduk Pandan juga menyebabkan sejumlah jalan di Desa Mojowatesrejo dan Pandan Krajan tergenang. Ketinggian air mencapai 40-50 cm.

Kapolsek Kemlagi, AKP Supriadi mengatakan, beruntung genangan air yang sempat menggenangi rumah warga bisa segera surut.

“Iya Mojogebang. Air cuman ngalir, kalau sudah satu jam pasti asat (surut). Iya sebagian masuk rumah,” ungkapnya, Kamis (10/3/2022).

Banjir luapan sungai pandan tersebut juga membuat 20 hektare lahan pertanian di Dusun Dempol Lor, Desa Mojogebang terendam. Bahkan ada salah satu rumah warga yang rusak.

BACA JUGA :   Usai Aniaya Anak Kandung Hingga Tewas, Orangtua di Surabaya Malah Pergi Liburan

“Satu rumah warga di RT 3, RW 1, Dusun Dempol Lor mengalami kerusakan pada bagian dapur seluas 4×2 meter persegi. Fondasi rumah bagian dapur ambrol akibat tergerus derasnya arus banjir. Banjir juga merendam sekitar 20 hektare lahan pertanian, yakni padi dan tebu,” jelas Kabid Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Djoko Soepangkat.

Laman: 12






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI