Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas, 8 Desa Diguyur Hujan Abu - Lentera Inspiratif

HOME // Peristiwa

 

Semeru Kembali Luncurkan Awan Panas, 8 Desa Diguyur Hujan Abu

  Kamis, 3 Maret 2022

hujan abu, semeru
Hujan Abu di Lumajang

Lenterainspiratif.id | Lumajang – Gunung Semeru terpantau kembali meluncurkan awan panas pada Rabu (2/3/2022) malam sekitar pukul 22.16 WIB, dengan jarak luncur 4,5 KM dari puncak kawah ke arah tenggara yakni Desa Besuk Kobokan.

Akibatnya sebanyak 8 desa di 2 kecamatan diguyur hujan abu. “Pasca Gunung Semeru mengeluarkan guguran awan panas sejauh 4,5 KM semalam, 8 desa di 2 kecamatan diguyur hujan abu,” ujar Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD kabupaten Lumajang Wawan Hadi Siswoyo, Kamis (3/3/2022).

Sekdes Penanggal, Mufidun Al Amin mengatakan, hujan abu terjadi sejak pukul 22.30 WIB hingga 23.30 WIB. “Kurang lebih 1 jam an hujan abu. Tapi abunya tidak tebal seperti sebelum-sebelumnya,” tambahnya.

Sebelumnya, dari Pos Pengamatan Gunung Api Semeru periode 2 Maret 2022 pukul 00.00-24.00 WIB, Gunung Semeru mengalami letusan 32 kali, guguran satu kali, embusan 8 kali, tremor harmonik 11 kali, vulkanik dalam 2 kali, tektonik jauh 6 kali dan getaran banjir lahar satu kali.

BACA JUGA :   Dampak Erupsi Gunung Semeru 12 Orang Meninggal Dunia

Petugas memberikan himbauan kepada masyarakat yang beraktivitas di sektor tenggara kawasan Besuk Kobokan agar selalu berhati-hati dan menjaga jarak aman sejauh 13 km. Masyarakat juga dihimbau untuk selalu waspada akan potensi awan panas guguran, guguran lava dan lahar di sepanjang aliran sungai yang berhulu dari Gunung Semeru. (Suf)






Berkomentarlah yang bijak. Apa yang anda sampaikan di kolom komentar adalah tanggungjawab anda sendiri.



VIDEO TERKINI